RSUP Prof Ngoerah Bali dengan Pengampuan RS PON Terapkan Coiling Penanganan Stroke

- 27 Desember 2022, 08:56 WIB
Zoom saat penjelasan tindakan coiling di RSUP Prof Ngoerah , Senin 26 Desember 2022.
Zoom saat penjelasan tindakan coiling di RSUP Prof Ngoerah , Senin 26 Desember 2022. /Screenshoot zoom meeting.

INDOBALINEWS - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. dr. I Gusti Ngoerah Bali melakukan tindakan Coiling, teknologi terkini dalam penanganan stroke dengan pengampuan dari RS PON (Rumah Sakit Pusat Otak Nasional) Senin 26 Desember 2022.

Menkes Budi Gunadi Sadikin, saat zoom Proctoring Stroke RSUP PON mengapresiasi tindakan coiling yang dilakukan RSUP Prof Ngoerah dengan program pengampuan dari RS PON.

Untuk diketahui RSUP Prof Ngoerah merupakan rumah sakit yang diampu oleh RS PON.

Baca Juga: Terbaik dari 3 yang Direkomendasikan Pansel, Silmy Karim Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi

Program pengampuan ini diharapkan bisa dilakukan oleh RSUP I Gusti Ngurah terhadap sejumlah RS di kabupaten/kota di Bali dan sebagian rumah sakit yang ada di NTB maupun NTT.

''Selamat atas terselenggaranya aktivitas coiling di RS Ngoerah. Di sisa waktu saya sebagai Menkes ingin sekali menyelesaikan transformasi pilar kedua yaitu transformasi sistem layanan rujukan dengan memastikan bahwa seluruh rumah sakit di kabupaten/kota dan provinsi bisa melayani standar layanan kesehatan tertentu,'' ujar Menkes Budi saat memberikan sambutan lewat zoom Senin 26 Desember 2

Dikatakan Menkes Budi, stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kualitas hidup seseorang menjadi buruk. Jumlah kasus meninggal bisa mencapai hingga ribuan setiap tahun. Bahkan kasus kecacatan bisa lebih tinggi 2 kali lipat dari kasus kematian.

Baca Juga: Anak dan Ibu WNA Inggris Terpisah Saat Naik Mobil Online di Bali, Ini Penjelasan Drivernya

''Oleh karena itu saya benar-benar minta rumah sakit RS PON untuk mengaktifkan fungsi pengampuannya dan mesti diingat-ingat targetnya adalah 34 provinsi harus bisa bedah otak terbuka, dan RS PON juga harus memastikan 514 kabupaten/kota bisa melakukan intervensi non bedah seperti Coiling,'' ungkap Menkes Budi Gunadi.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x