4 Manfaat Lompat Tali, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Pembuluh Darah

- 12 Januari 2024, 07:25 WIB
Ilustrasi lompat tali. Ada 4 manfaat lompat tali bagi kesehatan salah satunya untuk daya tahan kardiovaskular.
Ilustrasi lompat tali. Ada 4 manfaat lompat tali bagi kesehatan salah satunya untuk daya tahan kardiovaskular. /pixabay

INDOBALINEWS - Salah satu permainan yang paling sering dilakukan di masa kecil adaah lompat tali, memang sangat menyenangkan.

Saat ini, lompat tali masih digunakan untuk sejumlah aktivitas yang berhubungan dengan kebugaran dan sering kali dimasukkan sebagai bagian dari latihan intensitas tinggi atau sebagai latihan ketangkasan bagi petinju

Tapi tahukan Anda, banyak manfaat dari .lompat tali ini, selain mengingatkan kita pada kenangan masa kecil.

Baca Juga: Penerbangan Rute Jakarta-Melbourne Putar Balik, Begini Penjelasan Garuda Indonesia

Dikutip dari laman Live Strong, Senin 8 Januari 2024 yang dilansir dari Antara Jumat 12 Januari 2024, lompat tali membantu mengkondisikan sendi penahan beban Anda tepatnya di pergelangan kaki, lutut, dan pinggul, sekaligus memberikan latihan yang meningkatkan detak jantung dan bisa dilakukan di rumah.

Ada empat manfaat lompat tali yang bagus untuk melatih koordinasi, kebugaran kardiovaskular, serta ketahanan otot dan tulang. Pertama, meningkatkan elastisitas tendon kaki.

Lompat tali dapat membantu meningkatkan elastisitas tendon di kaki yang menopang persendian Anda, seperti tendon Achilles di kaki bagian bawah dan di dekat lutut Anda, jelas ahli terapi fisik Sarah Zimmer, PT, DPT.

Baca Juga: Liga 1: Milomir Seslija Punya Rekor Buruk di Indonesia, Manager Persis Solo Bilang Begini

“Tendon ini bekerja seperti pegas, memuat untuk menyimpan energi dan kemudian melepaskannya, dan harus memiliki tingkat kekakuan dan fleksibilitas yang sesuai untuk menyimpan dan kemudian melepaskan energi untuk mendorong Anda,” kata Zimmer kepada Livestrong.

Kedua, meningkatkan otot tubuh bagian bawah tungkai dan kaki. Anda memerlukan pelatihan untuk meningkatkan daya ledak dan kelincahannya.

Lompat tali dapat membantu melatih otot-otot tersebut untuk mendorong Anda menjadi lebih kuat dan lebih cepat, yang sangat membantu dalam lari atau olahraga yang memerlukan perubahan kecepatan dan arah dengan cepat, seperti bola basket dan sepak bola, kata Zimmer.

Baca Juga: Viral Sopir Taksi Online Peras 2 Turis Amerika di Bali, Pelaku Diciduk di dalam Pesawat dari Surabaya-Kupang

Manfaat ketiga dari lompat tali adalah dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular melalui pelatihan gaya HIIT, menurut Zimmer.

“Lompat tali adalah cara yang bagus untuk melatih sistem aerobik dalam waktu singkat jika Anda tidak punya waktu untuk latihan aerobik yang lebih lama, seperti lari,” ujarnya.

“Lompat tali juga bisa menjadi aktivitas yang baik untuk digunakan saat memulihkan atau merehabilitasi cedera di mana Anda belum bisa menoleransi lari, mendaki, atau bersepeda lebih lama," tambah Zimmer.

Terakhir, lompat tali berpotensi lebih menyenangkan dibandingkan olahraga biasa di treadmill atau elips. Hal ini mungkin menghidupkan kembali kenangan indah tentang lompat tali saat masih kecil, dan tantangan untuk mengatur waktu dan koordinasi yang diperlukan agar berhasil lompat tali juga dapat menjadi stimulus mental yang baik.

Baca Juga: Formasi NTB: Banyak Makelar Kasus, Sidang Korupsi Mantan Wali Kota Bima Harus Dikawal Ketat

"Lompat tali membutuhkan waktu dan koordinasi, yang jika Anda tidak yakin dengan kedua hal tersebut, dapat menyebabkan risiko tersandung atau jatuh,” kata Kate Ligler, CPT, pelatih pribadi dan pelatih olahraga ketahanan yang berbasis di Colorado.

Bagi mereka yang kesehatan sendinya terganggu, dampak lompat tali bisa jadi terlalu menantang dan menyakitkan karena gerakan mendarat dan melompat ke atas yang berulang-ulang.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Live Strong


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x