Nikmati Liburan, Waspadai Sejumlah Penyakit yang Bisa Mengintai

- 9 Februari 2024, 07:58 WIB
Diare bisa dicegah dengan cara sederhana
Diare bisa dicegah dengan cara sederhana /

INDOBALINEWS - Masa libur panjang perayaan Isra Miraj hingga Tahun Baru Imlek sekaligus libur akhir pekan mencapai puncaknya di akhir pekan ini.

Masa bahagia menikmati liburan juga harus tetap waspada dengan masalah yang akan mengintai selama liburan.

Saah satunya adalah soal kesehatan, sejumlah penyakit bisa datang selama dan pasca liburan. Di antaranya adalah diare, leptospirosis dan demam berdarah serta ISPA.

Baca Juga: Shopee Mall Tawarkan Banyak Pilihan, Jangan Sampai Ketinggalan Dapatkan Keuntungan Awal Tahun

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit diare hingga infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) selama liburan panjang pekan ini.

Menurut dia, penyakit diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk melindungi diri dari penyakit ini, maka masyarakat perlu melanjutkan kebiasaan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat dan membiasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari.

"Selain itu, masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan, serta tidak lupa menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare," katanya.

Baca Juga: Tukang Pijit Keliling asal Sulawesi Selatan Bawa Kabur HP, Dibekuk Polres Bandara Ngurah Rai

Khusus di Jakarta, data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta merujuk Sistem Informasi Kesehatan (SIK) mengenai diagnosa Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD DKI Jakarta pada 1 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024 memperlihatkan angka kasus diare tercatat sebanyak 2.812.

Penyakit yang juga perlu masyarakat waspadai ialah penyakit demam dengue atau demam berdarah dengue (DBD).

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x