Kisah Pelinggih Yang Ramai Jadi Tempat Memohon Kesembuhan Anak Telat Bicara

- 10 April 2021, 10:18 WIB
Pelinggih Sang Hyang Iswara atau Temuku Telu di Desa Adat Kapal,Mengwi Badung.
Pelinggih Sang Hyang Iswara atau Temuku Telu di Desa Adat Kapal,Mengwi Badung. /Dok Gung De


INDOBALINEWS - Adanya beberapa tempat di Bali yang beraura metafisis, beberapa diantaranya memang terkait reliji tertentu, ada juga yang bercampur dengan sejumlah mitos namun bagi sebagian orang amat dipercaya bisa mendatangkan sesuatu.

Ataupun sesuatu tempat dengan latarbelakang cerita angker yang dipercaya masyarakat disuatu daerah mulai dari adanya tempat memohon rezeki hingga mohon keturunan.

Seperti salah satunya pelinggih yang berada di Banjar Adat Gegadon, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi Badung yang diyakini sebagai tempat memohon kesembuhan bagi anak-anak terlambat atau telat berbicara.

Pelinggih tersebut tepat berdiri pinggir jalan di desa setempat.Pelinggih tersebut oleh warga setempat biasa disebut Pelinggih Sang Hyang Iswara atau Temuku Telu.

Baca Juga: Kehabisan Uang Selama Pandemi, Bule Uzbekistan Jadi PSK di Bali

Baca Juga: Cerita Para Dokter Spesialis Ikut Berjibaku di Lokasi Bencana NTT

Adapun kisah keberadaan pelinggih tersebut menurut kelihan Banjar Adat Gegadon, I Ketut Suta saat ditemui di sekitar pelingih belum lama ini mengatakan, konon dari cerita para tetua, sebelum dibangun pelinggih di zaman dahulu adalah tempat pembagian air untuk subak atau biasa disebut temuku.

Temuku itu kemudian dinamakan Temuku Telu sebagai istilah memudahkan memberi informasi soal pengairan subak. Ternyata tempat pembagian air untuk subak tersebut lama kelamaan akhirnya diyakini sebagai tempat memohon kesembuhan bagi anak-anak yang terlambat bicara.

Akibat ceritra dari mulut ke mulut itu membuat banyak orang mulai berdatangan ke pelinggih. Dari sepengetahuan dirinya 1960-an sudah ada orang luar Banjar Gegadon datang dengan tujuam melukatkan anaknya di pelinggih tersebut.

Baca Juga: Terjadi Lagi WNA Bunuh Diri di Bali, Diduga Depresi Jerat Leher Pakai Kain Batik

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x