Presiden Jokowi Buka Pesta Kesenian Bali 2021, Sandiaga Uno Mengajak Pengunjung Jadi ‘Rojali’

- 12 Juni 2021, 12:45 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan dan membuka secara resmi Pesta Kesenian Bali 2021 secara virtual, Sabtu 12 Juni 2021.
Presiden Jokowi memberikan sambutan dan membuka secara resmi Pesta Kesenian Bali 2021 secara virtual, Sabtu 12 Juni 2021. /Tangkapan layar Chanel Youtube Disbud Prov Bali

INDOBALINEWS – Pesta Kesenian Bali Ke-43 Tahun 2021 secara resmi dibuka oleh Presiden Jokowi secara virtual, Sabtu 12 Juni 2021.

Upacara pembukaan yang dipusatkan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar dihadiri sejumlah pejabat di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Dalam sambutannya Sandiaga berharap para pengunjung Pesta Kesenian Bali jangan menjadi ‘rohali’ yakni rombongan hanya lihat-lihat, tetapi jadilah ‘rogana’ dan ‘rojali’.

Baca Juga: Bali Kandarupa: Pameran Seni Rupa Tradisi, Tampilkan Karya 113 Seniman di Ajang PKB 2021

Maksud Sandiaga jadilah sebagai pengunjung dengan rombongan nggak nawar (rogana) dan rombongan jadi beli (rojali). Kata dia para seniman dan perajin perlu didukung dengan membeli atau mengapresiasi karya mereka.

Presiden Jokowi mengatakan pelaksanaan Pesta Kesenian bali secara daring dan luring kali ini membuktikan bahwa dalam tekanan pandemi Covid-19 kreativitas dan produktivitas karya seni masyarakat Bali tetap tumbuh dan tampil dengan cara baru untuk terus meramaikan panggung dunia.

Jokowi mengapresiasi tema Purna Jiwa; Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Napas Pohon Kehidupan) yang bermakna memuliakan hutan semesta raya menuju kesejahteraan hidup dengan jiwa yang sempurna.

"Saya juga mengapresiasi pilihan tema yang mengajak pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati, menebarkan semangat konservasi, serta hidup harmoni dengan alam untuk penyembuhan peradaban dari pandemi," kata Presiden.

Baca Juga: Tri Puspa Janji Ajegkan Lagu Bali dengan Terus Berkarya

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x