Pelestarian Kain Tenun Endek Bali Perlu Tindakan Nyata

- 3 Februari 2022, 20:26 WIB
Ilustrasi: BatikEndek Bali
Ilustrasi: BatikEndek Bali /facebook/baliya.id

 

INDOBALINEWS - Keberadaan kain tenun endek Bali yang mempunyai ciri khas baik dari motif warna serta kualitasnya kini mengalami degradasi dan sejumlaj permasalahan.

Permasalahan tersebut termasuk sulitnya mendapatkan  ahan baku, pemasaran serta hadirnya produk luar yang menggunakan mesin.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bali melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali terus berupaya untuk menjaga dan melestarikan kain tentun Bali.

Baca Juga: Sore Ini Penerbangan Perdana Jepang ke Bali Tiba di Bandara Ngurah Rai

Salah satunya dengan menghimpun para IKM Bali untuk berpatisipasi dalam memamerkan hasil karya tenunnya pada IKM Bali Bangkit yang rutin dilaksanakan oleh Dekranasda Provinsi Bali. 

“Hal ini dilakukan agar para penenun IKM kita memiliki ruang untuk menampilkan karya-karyanya, diharapkan semakin seringnya produk tenun dipamerkan maka masyarakat dapat semakin menumbuhkan kecintaanya terhadap kain tenun," ucap Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster, dalam sambutan pada acara Fashion Show Perangkat Daerah Dinas Sosial P3A dan Sekwan DPRD Bali, di Gedung Ksirarnawa-Artcenter, pada Kamis 3 Februari 2022.

Baca Juga: Jelang G20: PLTS di Jalan Tol Bali Mandara Segera Direalisasikan

Karena, tambah Putri Koster, upaya pelestarian kain tenun diharapkan tidak hanya dalam kata tapi melalui tindakan nyata.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x