Ketahui Fitur Anonimitas di Teknologi Internet

- 1 Juli 2021, 18:16 WIB
Ilustrasi internet.
Ilustrasi internet. /Ilustrasi Pixabay/Pixabay

INDOBALINEWS - Perkembangan teknologi membuat kehidupan manusia semakin mudah. Bahkan untuk sekedar berbelanja saja, kini sudah bisa dilakukan dari manapun tanpa perlu bertatap muka atau datang langsung ke toko.

Kemudahan lain juga dirasakan saat berhadapan dengan jarak, seseorang kini sudah bisa dengan mudahnya menjalin silaturahmi lewat media sosial.

Dari total populasi jumlah penduduk di Indonesia, 272,1 juta jiwa, sebanyak 338,2 juta orang memiliki smartphone. “Itu artinya satu orang memiliki lebih dari dua ponsel pintar,” kata Anggie Ariningsih selaku CEO Tunai Kita dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Merauke, Papua, Kamis 24 Juni 2021.

Baca Juga: Update Pencarian Korban KPM Yunice, Ini Daftar Nama Korban Meninggal

Kemudian dijelaskan lebih lanjut, sebanyak 175,4 juta jiwa adalah pengguna internet dan 160 juta jiwa adalah pemakai media sosial aktif. “Jadi Anda jangan pernah berfikir internetnya yang jelek atau media sosialnya yang membawa dampak buruk, tetapi balik lagi ke pribadi masing-masing bagaimana mereka menggunakan internet atau media sosial itu seperti apa.”

Internet itu menurut Anggie, seperti dua sisi koin. Memiliki dampak positif dan negatif. Internet memungkinkan pertukaran data dan informasi secara cepat. Internet menyediakan wadah interaksi antar pengguna secara nonstop.

Kapan saja, siapa saja, dimana saja bisa mengakses internet. Internet menyediakan fitur anonimitas yang mampu merahasiakan pengguna dan tidak terbatas pada batasan geografis.

Baca Juga: Update: Video Viral Pesta Seks di Bali, 2 Bule Pemainnya Ditengarai Sudah Pulang ke Jerman

Menurut Anggie, di saat kondisi pandemi seperti saat ini, seseorang harus pintar memanfaatkan internet untuk hal kreatif dan produktif. “Pemanfaatan teknologi internet secara kreatif di masa pandemi harus dilakukan oleh para generasi penerus bangsa. Sehingga dapat membawa dampak positif bagi kehidupan setiap individu kawula muda ke depannya,” kata dia menyarankan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x