Microsoft Resmi Merilis Sistem Operasi OS Windows 11

- 2 Juli 2021, 22:45 WIB
Widget pada Microsoft Windows 11.
Widget pada Microsoft Windows 11. /Dok. Blog Windows/

INDOBALINEWS - Pada Kamis, 24 Juni 2021 waktu Amerika Serikat  Microsoft akhirnya resmi merilis sistem operasi (OS) Windows 11.

Desain ulang besar bersamaan dengan itu banyak fitur baru pada OS paling gres ini.

Windows 11 juga  memungkinkan pengguna menemukan dan menjalankan aplikasi Android di laptop dan PC, berkat bantuan teknologi dari Amazon dan Intel.

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa Bali, Menag Gus Yaqut : Takbiran Dilakukan di Rumah Masing Masing

Rencananya, Windows 11 akan keluar akhir tahun 2021 ini. Microsoft mengatakan OS baru itu akan tersedia upgrade gratis jika pengguna memiliki PC Windows 10.

Melansir dari Tomsguide, Windows 11 juga dilengkapi widget baru untuk membuat pengguna tetap up to date dengan berita terbaru, integrasi Microsoft Teams dan Windows Store baru.

Berikut ini fitur baru Windows 11 yang dirangkum Pikiran-rakyat.com:

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: Kami Tidak Akan Biarkan Siapa pun Menggertak atau Menaklukkan China

1. Windows 11 Snap Layouts

Windows 11 kini memiliki fitur Snap Layouts. Anda dapat memilih Snap Snap Layouts yang ingin Anda pilih sehingga dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

2. Widget Windows 11

Windows 11 menawarkan pilihan Widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget ini dapat membantu pengguna memeriksa kalender, cuaca, berita, daftar tugas, foto, dan lainnya secara sekilas.

3. Windows 11 desktops

Windows 11 kini memungkinkan pengguna mempersonalisasi desktop yang berbeda dengan wallpaper mereka sendiri. Jadi, Anda dapat memiliki desktop untuk kantor, rumah, sekolah, atau game, masing-masing dengan aplikasi, tampilan, dan nuansanya sendiri.

Baca Juga: Akui Zalimi Nagita Slavina dan Perempuan Lain, Diingatkan Karma Tangis Raffi Ahmad Pecah

4.  Windows Store and Android Apps

Pada Windows 11, Microsoft mendesain ulang Microsoft Store dibuat lebih cepat dan lebih mudah untuk menemukan aplikasi yang dicari. Namun, fitur unggulan yang paling menarik perhatian adalah aplikasi Android akan langsung tersedia untuk Windows 11.

5. Game Windows 11: Auto HDR dan DirectStorage

Gaming selalu menjadi bagian besar dari Windows, yang kemudian berlanjut ke OS Windows 11. Microsoft memperkenalkan beberapa fitur baru yang secara khusus ditujukan untuk meningkatkan pengalaman bermain game di sistem operasinya.

Baca Juga: Kerap Senggol Selebritis Ibu Kota, Jerinx Akui Ingin Hidupkan Pariwisata Bali

Secara khusus, Auto HDR akan hadir di Windows 11 yang menghadirkan kontras dan keluaran warna yang lebih baik tanpa mengharuskan pembuat aplikasi untuk mengkonfigurasi ulang game.

Pada acara peluncuran Windows 11, Microsoft memamerkan layar terpisah Skyrim. Gambar Auto HDR jauh lebih cerah dan menampilkan detail yang lebih besar.

Produk ini, menambahkan DirectStorage API. Jika pengguna telah menggunakan Xbox Series X atau Series S, keduanya memiliki fitur penyimpanan langsung. Anda akan melihat seberapa cepat peningkatan waktu muat.

Baca Juga: TNI AL Tambah Dukungan Personel dalam Pencarian Korban KMP Yunice di Selat Bali

Paling akhir, Xbox Game Pass, layanan berlangganan game Microsoft, akan tetap terpasang langsung ke Windows 11 melalui aplikasi Xbox.

6. Integrasi Teams

Melalui Chat Microsoft Teams, pengguna bisa terhubung melalui panggilan video, teks atau suara. Integrasi Teams akan berfungsi di Windows, Android, dan iOS (sementara FaceTime tidak akan memiliki aplikasi tetapi hanya berfungsi melalui tautan web). *** ( Julkifli Sinuhaji/Pikiran-Rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya di Pikiran-Rakyat.com dengan judul:" Catat, 6 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Microsoft"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x