Jejak Digital Bisa Memengaruhi Masa Depan

- 9 Juli 2021, 19:55 WIB
Ilustrasi Digital Platform
Ilustrasi Digital Platform /Pixabay

INDOBALINEWS - Banyaknya kejahatan internet serta dampak buruk yang timbul sebagai bagian dari dampak negatif semakin meningkatnya perkembangan internet di Indonesia perlu diwaspadai oleh semua pengguna dunia digital.

Menurut Aditya Setiadi Musikolog, Irwan SE, MM, Konsultan UMKN Jembrana dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Jembrana, Bali, pada Kamis 8 Juli 2021, sikap kehati-hatian dan bijak wajib diterapkan setiap saat kita menggunakan internet.

“Sebagai warga digital seseorang haruslah memanfaatkan dunia digital dengan prilaku yang pantas dan menjadi netizen yang baik, bertanggung jawab,” ujar Aditya dalam webinar yang dipandu oleh Yulian Noor ini.

Baca Juga: Satu Klip Sabu yang Ditemukan di Rumah Nia Ramadhani seharga Rp1,5 Juta

Untuk itu, lanjut Aditya ada sejumlah langkah yang bisa dijadikan pijakan agar bijak sebagai warganet yaitu smart dengan pandai memilah mana info yang baik untuk disebar, alert artinya waspada dan jangan mudah percaya.

Disamping itu langkah lain yang sangat perlu kita terapkan saat kita berinternet internet sebagai bentuk kehatia-hatian adalah menggunakwan password yang kuat. Serta yang tidak boleh dilupakan adalah selalu bersikap baik dengan selalu meninggalkan jejak digital yang positif djangan mudah terpancing.

“Apa yg disebarkan di sosmed bisa menjadi boomerang untuk diri sendiri karena apa yg kita anggap bukan apa-apa bisa jadi adalah sebuah apa-apa untuk orang lain.

Baca Juga: The Real Crazy Rich Diduga Tersandung Narkoba, Banyak yang 'Nitip Sendal' di Akun Nia

Ia juga mengingatkan alasan kenapa kita perlu meninggalkan jejak baik di semua medsos kita karena jejak ini bisa menjadi doxing dan framing untuk kita.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x