WN Ukraina Dideportasi dari Bali gegara Overstay, Terlibat Konflik, Paspor Sempat Ditahan Teman

- 21 November 2023, 17:21 WIB
Petugas Imigrasi tengah mengawal WNA Ukraina untuk dideportasi melalui Bandara Ngurah Rai dengan tujuan akhir Ukraina, Selasa 21 November 2023.
Petugas Imigrasi tengah mengawal WNA Ukraina untuk dideportasi melalui Bandara Ngurah Rai dengan tujuan akhir Ukraina, Selasa 21 November 2023. /Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Bali.

 

INDOBALINEWS – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar mendeportasi seorang warga negara asing (WNA) asal Ukraina berinisial AB, Selasa 21 November 2023. Pria berusia 33 tahun ini dipulangkan ke kampung halamannya lantaran melanggar Pasal 78 Ayat (3) UndangUndang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

Diketahui, AB pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia pada 8 Januari 2020 dan terakhir kali pada 11 Februari 2023. Pada kedatangannya yang terakhir kali tersebut ia bertujuan untuk berwisata sambil mencari peluang bisnis di pulau Bali dengan bermodalkan Visa on Arrival (VoA) yang berlaku untuk 30 hari.

AB tinggal seorang diri di Villa Imbuh, Amed, Karangasem selama berada di Bali. Sehari-hari ia menghabiskan waktu dengan snorkeling, diving, dan berlibur di kawasan Amed.

Baca Juga: TikTok Shop Dipersilahkan Buka Lagi di Indonesia, Syaratnya ini

Dalam urusan izin tinggal keimigrasian, AB menyatakan bahwa ia telah mengajukan permohonan visa baru dengan jenis Visa Kunjungan yang rencananya akan ia pakai setelah Visa on Arrival yang ia miliki habis masa berlaku, namun karena suatu masalah, ia gagal mendapatkan visa tersebut.

Dalam pengakuannya, ia tak pernah berpindah pindah tempat tinggal lantaran paspor miliknya ditahan oleh seorang temannya karena sebuah konflik.

Awal mula konflik adalah ketika AB tiba di Indonesia pada bulan Februari 2023, ia datang menjumpai sahabatnya yang berkebangsaan Rusia, berinisial A di sebuah Villa di daerah Jimbaran. Dalam pertemuannya itu, A meminta AB untuk mengambil sebuah paket pakaian di Canggu dengan meminjamkan mobil kepada AB.

Baca Juga: Kisah Cinta Capricorn, Aquarius dan Pisces, Simak Ramalan Zodiak Selasa, 21 November 2023

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x