Merdeka FInansial Lewat Ekonomi Kreatif, Benang Merahnya Adalah DIgitalisasi

- 20 Agustus 2021, 14:09 WIB
Fashion, ilustrasi ekonomi kreatif yang bisa membantu merdeka finansial.
Fashion, ilustrasi ekonomi kreatif yang bisa membantu merdeka finansial. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Merdeka finansial merupakan konsep kondisi keuangan yang ingin dicapai setiap orang yang belakangan banyak digaungkan sejumlah pakar.

Merdeka finansial akan dicapai jika Anda memiliki sumber penghasilan pasif yang terus-menerus. Kondisi ini dapat Anda peroleh jika mampu membangun aset lebih cepat, yang dapat Anda lakukan dengan memulai investasi sedini mungkin.

Semakin muda Anda mulai mengelola keuangan dengan baik, maka kemerdekaan finansial juga akan semakin cepat tercapai.

Baca Juga: Jika Ada Biaya PCR di Luar Ketentuan Laporkan Saja, Kata Kabareskrim

Hal ini juga yang digaungkan Kemenparekraf Sandiaga Uno, Dikatakannya benang merah dari konsep ini adalah digitalisasi. Uno juga tak menampik bahwa bisnis di era 4.0 saat ini sangat membantu untuk Merdeka secara Finasial, seperti Arsitektur dan Disain interior, Foto Grafi, komunikasi Visual, Animasi, dan video. 

"Ini juga sangat membantu untuk merdeka finasial dan benang merah sejumlah sektor yang bisa membantu untuk merdeka finansial adalah digitalisasi", ungkap sandi dalam acara "Ekonomi Kreatif Menuju Merdeka Finansial" yang diunggah di kanal YouTube Emtrade pada 17 Agustus 2021.

Baca Juga: Ada Sesosok Jenazah Berkaos Putih Terapung di Pantai Kedonganan

Lebih lanjut kata Uno,  Ekonomi Kreatif dan Merdeka Finasial itu memiliki 17 sub sektor, juga sudah diikat melalui UU, dan sudah ditetapakan pada tahun 2019. Jadi, sub sektor ini dikeloha dan dibina oleh Kemenparekraf.

Dari 17 sub sektor tersebut, ada tiga yang paling masuk dalam top sub sektor. Seperti, Kuliner, Fashion, kria. Dari Ketiga sub sektor ini kontribusi untuk ekonomisnya mencapai 70 persen. Jadi, sektor ini sangat membatu menyerap lapangan kerja.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Youtube Emtrade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x