Taliban Kuasai Pemerintahan Afghanistan, Ketua MPR Minta WNI Dievakuasi dari Kabul

- 18 Agustus 2021, 21:54 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo minta Kemenlu dan Kedutaan Besar RI di Kabul segera evakuasi WNI yang masih berada di Afghanistan.
Ketua MPR Bambang Soesatyo minta Kemenlu dan Kedutaan Besar RI di Kabul segera evakuasi WNI yang masih berada di Afghanistan. /MPR RI/

INDOBALINEWS – Pemerintah Afghanistan jatuh, kelompok Taliban kuasai Kabul.

Kekhawatiran terhadap kondisi politik yang kian memburuk dan berdampak sosial yang meluas di Afghanistan sangat dirasakan dunia internasional.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Luar Negeri bersama Kedutaan Besar RI di Afghanistan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan.

Baca Juga: Ibu Kota Jatuh ke Tangan Taliban, Rakyat Afghanistan Tak Maafkan Presiden Ashraf Gani

"Ini sebagai upaya mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau situasi yang semakin tidak kondusif, di samping tetap terus melakukan pemantauan mengenai situasi keamanan di Afghanistan," katanya, dikutip dari Antaranews pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Terkait hal tersebut, Bambang Soesatyo meminta segera dilakukan pendataan WNI berada dan memastikan keselamatan mereka di tengah kecamuk negeri tersebut.

"Meminta komitmen Pemerintah RI untuk dapat memastikan bahwa keselamatan WNI termasuk staf Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kabul menjadi prioritas bagi pemerintah," kata Bambang Soesatyo.

Setidaknya masih terdapat 15 WNI yang masih berada di Afhanistan dan pemerintah tyerus melakukan pematangan rencana evakuasi.

Baca Juga: Taliban Klaim Kuasai 18 Provinsi, Rakyat Afganistan Merasa Telah Dijual Pemerintah

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x