Penilainan Penanganan Covid-19 di Jepang Semakin Menurun, PM Yoshihide Suga Berencana Akhiri Karir

- 3 September 2021, 15:59 WIB
PM Suga berencana akan mengundurkan diri dari pemilihan pimpinan partai
PM Suga berencana akan mengundurkan diri dari pemilihan pimpinan partai /Foto: Reuters/ Kazuhiro Nogi///

INDOBALINEWS - Seiring kian rendahanya penilaian penanganan Covid-19 di Jepang, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan dirinya tidak akan mencalonkan diri lagi pada bulan September 2021.

Suga akan mengakhiri karir politiknya, usai 1 tahun masa jabatannya menggantikan PM Shinzo Abe .

Yoshihide Suga menggantikan PM Shinzo Abe yang juga mengundurkan diri dengan alasan kesehatan pada September 2020.

Baca Juga: Mulai Dikenalkan ke Publik, Tentara Wanita Pertama Arab Saudi Berbalut Hijab dan Penutup Mulut

Rencana mengundurkan dirinya disampaikan pada pertemuan darurat anggota senior Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa.

"Hari ini di rapat eksekutif, presiden (partai) Suga mengatakan dia ingin memfokuskan upayanya pada langkah-langkah anti-virus corona dan tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan kepemimpinan," kata Sekretaris Partai LDP, Toshihiro Nikai, dikutip dari AFP, 3 September 2021.

"Jujur, saya terkejut. Ini benar-benar disesalkan. Dia melakukan yang terbaik tetapi setelah mempertimbangkan dengan cermat, dia membuat keputusan ini," kata Toshihiro Nikai.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi 13,3 Persen, Presiden Jokowi Perintahkan Kemenkes Perbanyak Pasokan Vaksin di Lampung

Banyak pihak terkejut dengan rencana pengunduran diri Suga yang muncul seiring rendahnya penilaian atas penanganan Covid-19 oleh pemerintah Jepang.

Peringkat persetujuan pemerintahan Yoshihide Suga menukik ke level terendah sepanjang masa sebesar 31,8 persen menurut jajak pendapat oleh kantor berita Kyodo bulan lalu.

Tanggapan pemerintahnya terhadap pandemi Covid-19 itulah yang membuat Suga terpukul. Jepang berjuang melalui rekor gelombang kelima virus setelah awal yang lambat untuk program vaksinnya.

Baca Juga: Garong Uang Rakyat Harus Dipermalukan, Quraish Shihab Pernah Usulkan Sebutan Koruptor Diganti Pencuri

Suga yang terpilih pada usia 72 tahun sebagai perdana menteri tahun lalu mengakhiri karir politiknya.

Karir Suga dimulai saat dirinya terpilih ke kantor pertamanya pada tahun 1987 sebagai anggota majelis kota di Yokohama di luar Tokyo, dan masuk parlemen pada tahun 1996.*** ( Julkifli Sinuhaji/Pikiran-Rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah ditayangkan sebelumnya di Pikiran-Rakyat.com berjudul: Dunia Terkejut, PM Jepang Yoshihide Suga Mengundurkan Diri Usai Setahun Menjabat

Editor: R. Aulia

Sumber: AFP


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x