Ini Kota Terpanas Terpanjang di Indonesia dan Dunia, Berikut Penyebabnya

- 11 November 2023, 08:17 WIB
Ilustrasi cuaca panas.
Ilustrasi cuaca panas. /Pixabay

 

INDOBALINEWS - Jakarta dalam sebuah penelitian tercatat menjadi salah satu kota kedua terpanas terpanjang di dunia dalam setahun terakhir.

Dalam studi ini Jakarta bersanding dengan Kota Tangerang berada di urutan kedua di bawah Kota Huston AS, dalam 12 bulan terakhir memiliki cuaca panas terpanjang.

Wakil Presiden Bidang Sains Climate Central Dr Andrew Pershing dalam keterangan di Jakarta, Jumat 10 November 2023 mengatakan studi terbaru dilakukan oleh Climate Central soal hari terpanas secara beruntun (heat streaks) selama 17 hari.

Baca Juga: Piala Dunia U17: Timnas Indonesia Sukses Tahan Ekuador, Arkha Kaka Purwanto Cemerlang

"Jakarta bersama Tangerang berada di urutan kedua dalam daftar kota-kota dunia yang mengalami hari terpanas secara beruntun (heat streaks) dengan 17 hari, sejak 7 Oktober sampai 24 Oktober," kata Dr Andrew Pershing.

Selain Jakarta dan Tangerang, Andrew mengatakan Kota New Orleans di Amerika Serikat (AS) juga berada di posisi ini, dengan hari terpanas beruntun sejak 30 Juli sampai 15 Agustus. Sementara itu, Kota Houston (AS) menduduki peringkat teratas dengan 22 hari beruntun, sejak 31 Juli sampai 21 Agustus.

Dalam studi ini dianalisis 14 kota dengan pemantauan berturut-turut Indeks Pergeseran Iklim mencapai tingkat maksimum yaitu 5. Nilai itu menunjukkan bahwa perubahan iklim menyebabkan kemungkinan panas ekstrem setidaknya lima kali lipat lebih mungkin terjadi.

Baca Juga: Polresta Denpasar Amankan 85 Pengedar Narkoba dalam 2 Bulan Terakhir

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x