Perang Gaza Meluas ke Negara Tetangga Israel, Kemenlu Susun Strategi Evakuasi 217 WNI di Lebanon

- 28 Desember 2023, 11:14 WIB
Ilustrasi meluasnya Perang Gaza. Saat Hizbullah Lebanon menyerang lokasi militer Israel di perbatasan.
Ilustrasi meluasnya Perang Gaza. Saat Hizbullah Lebanon menyerang lokasi militer Israel di perbatasan. /tangkap layar Twitter @julianimadian/

INDOBALINEWS - Perang Gaza, konflik antara Israel dan Hamas semakian meluas ke negara tetangga terdekat Lebanon, dimana ada 217 warga negara Indonesia (WNI) bermukin di sana.

Jika kondisi ini semakin memburuk, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan pihak Kemenlu tengah menyusun strategi untuk mengevakuasi para WNI di Lebanon.

Hal itu dikatakan Menlu Retno yang juga mengatakan terus memantau perkembangan yang terjadi di Gaza dan sekitarnya.

Baca Juga: Liga 1: Yoyok Sukawi Ungkap Penyebab PSIS Semarang Krisis Finansial

"Sekarang kita tidak tahu situasi yang berkembang akan seperti apa, tetapi Pak Judha (Direktur Perlindungan WNI) sudah mulai menyiapkan exit strategy apabila situasi di perbatasan Israel-Lebanon memburuk yang berdampak kepada WNI," kata Retno kepada wartawan dalam temu media di Jakarta, Rabu 27 Desember 2023 dikutip dari Antara.

Ketegangan di perbatasan Lebanon-Israel terus meningkat setelah Hizbullah dan Israel saling tembak di perbatasan sejak 7 Oktober 2023, ketika kelompok perlawanan Palestina Hamas melancarkan serangan tak terduga ke Israel.

Serangan itu telah menyulut konflik yang melibatkan kelompok-kelompok bersenjata lain yang bersekutu dengan Iran di seluruh Timur Tengah.

Baca Juga: Update Harga Sembako Kamis 28 Desember 2023, Cabai Keriting Turun di Bawah Rp60 Ribu

"Dari waktu ke waktu, kami tidak hanya melihat situasi di Gaza, tetapi juga negara-negara lain yang kemungkinan terdampak situasi di Gaza," katanya, menambahkan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x