APHB Gandeng AMN Gelar Bhaskara Budaya untuk Penguatan Literasi Hindu Nusantara

- 30 Januari 2023, 19:57 WIB
Pembukaan acara Bhaskara Budaya yang digelar APHB dan AMN Minggu 29 Januari 2023.
Pembukaan acara Bhaskara Budaya yang digelar APHB dan AMN Minggu 29 Januari 2023. /Dok APHB

 

INDOBALINEWS -;Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB) berkolaborasi dengan Acarya Media Nusantara (AMN) menggelar Bhaskara Budaya “Basa Sastra lan Aksara Nguripin Budaya Bali Tahun 2023 di kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Minggu 29 Januari 2023.

Acara ini digelar untuk penguatan literasi Hindu Nusantara terkhususnya Hindu di Bali.

Dalam kegiatan ini juga dilombakan Nyurat Lontar dan lomba Kekawin putra/putri tingkat SMA/SMK yang ada dilingkungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar: PKB Sedang Kaji Peniadaan Jabatan Gubernur

Dewan Penasehat APHB yang juga anggota DPRD Kota Denpasar I Nyoman Gede Sumara Putra,S.T.,(Bli Mangde), dalam sambutannya menyatakan giat Bhaskara Budaya ini bertujuan melestarikan tradisi adat budaya Bali yang sangat berkaitan serta sejalan dengan konsep gotong royong.

"Dimana dengan “gotong royong” kita generasi muda bersama-sama sebagai ujung tombak dalam pelestariannya di era global ini dengan pengaruh budaya luar, kita bisa memagari diri, sehingga budaya serta tradisi Bali tetap ajeg, dan salah satunya seperti giat Bhaskara Budaya ini,” kata Bli Mangde.

Baca Juga: Polres Gianyar Amankan 4,6 Kilogram Ganja dan 7 Orang Tersangka

Sementara itu Ketua Panitia Bhaskara Budaya Putu Eka Sura Adnyana, M.Ag.,M.Hum mengatakan kegiatan Bhaskara Budaya ini untuk menguatkan jatidiri Kehinduan atau bangga menjadi Hindu sekaligus menguatkan jatidiri menjadi orang Bali.

"Karena kali ini kita arahkan Bhaskara Budaya ke arah sastra dan aksara pada tahun ini kita arahkan ke bahasa Bali, yang mana akan melingkupi literasi Hindu Nusantara, baik itu bahasa Sanskerta, bahasa Kawi, dan bahasa Bali itu sendiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x