Tak Ingin Masyarakat Lokal Jadi Penonton, Bupati Edi Endi: Kita Mesti Belajar dari Bali

- 29 Maret 2021, 09:37 WIB
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan rombongan bertukar cendera mata dengan Indonesia Director Tourism Confucius Institute Udayana University, I Made Sendra.
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan rombongan bertukar cendera mata dengan Indonesia Director Tourism Confucius Institute Udayana University, I Made Sendra. /Indobalinews/M Susanto Edison

INDOBALINEWS - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi bersama Wakil Bupati Yulius Weng berkomitmen untuk secara serius menggenjot sektor pariwisata di ujung barat Pulau Flores itu.

Ini penting, mengingat geliat industri pariwisata di Manggarai Barat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Tanah Air, cukup menjanjikan. Presiden Jokowi bahkan telah memberi label pariwisata super premium untuk Bumi Komodo itu.

Namun di sisi lain, Bupati Edi Endi menyadari bahwa sektor pariwisata tidak boleh 'berlari' sendiri. Sektor jasa ini mesti disokong sektor primer, yang sejak lama telah menjadi sandaran ekonomi mayoritas masyarakat Manggarai Barat.

Baca Juga: Gaduh Wacana Impor Beras, Gde Sumarjaya Linggih: Bulog Jangan Cuci Tangan

Baca Juga: PMKRI Denpasar Mengutuk Keras Aksi Teror di Depan Gereja Katedral Makassar

Ini pula alasannya, Bupati Edi Endi bersama Ketua DPRD Manggarai Barat Martinus Mitar dan jajaran didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Manggarai Barat melakukan kunjungan ke Kabupaten Badung, Bali, 19-22 Maret 2021.

"Kita ingin belajar dari Bali, khususnya Kabupaten Badung, terkait upaya memajukan industri pariwisata. Kita ingin laju sektor pariwisata diimbangi sektor lainnya, dan masyarakat lokal jangan sampai hanya menjadi penonton," kata Bupati Edi Endi, di Labuan Bajo, Minggu (28/3/2021).

Dalam kunjungan ke Bali pekan lalu itu, Bupati Edi Endi dan rombongan sempat bertandang ke Fakultas Peternakan dan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud). Selain terkait penguatan sumber daya manusia, kunjungan ke Unud juga dalam rangka penguatan sektor pertanian, khususnya peternakan.

Di samping itu, rombongan juga berkunjung ke Pemkab Badung dan diterima Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dan jajaran. Pemkab Badung banyak berbagi tips terkait sumber-sumber penerimaan daerah hingga upaya untuk bertahan di tengah guncangan akibat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x