Peristiwa Pelarangan Masker di Masjid Bekasi Melawan Semangat Moderasi Beragama

- 4 Mei 2021, 22:42 WIB
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro  membuka program KSP Mendengar dengan tema Moderasi Beragama dengan Momentum Bulan Suci Ramadhan secara daring dari Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021..
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro membuka program KSP Mendengar dengan tema Moderasi Beragama dengan Momentum Bulan Suci Ramadhan secara daring dari Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.. /Dok. KSP

INDOBALINEWS – Peristiwa pelarangan jamaah memakai masker di masjid di Bekasi merupakan cara beragama yang melawan semangat moderasi beragama.

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro berpendapat moderasi beragama menjadi sangat penting karena kecenderungan pengamalan agama berlebihan akan memunculkan pembenaran secara sepihak.

"Merajut toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan harus terus ditumbuhkembangkan," ujarnya saat membuka program KSP Mendengar dengan tema Moderasi Beragama dengan Momentum Bulan Suci Ramadhan secara daring dari Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa 4 Mei 2021.

Baca Juga: Amnesty International Indonesia Sebut Tes Wawasan Kebangsaan Ingatkan Litsus Masa Orba

Dia mencontohkan, peristiwa di Masjid Al Amana Bekasi  dimana pengurus tempat ibadah tersebut melarang jamaahnya menggunakan masker.

"Ini merupakan cara beragama yang melawan semangat moderasi beragama," tandasnya dalam siaran pers dikutip IndoBaliNews.

Padahal moderasi beragama merupakan penguatan dan upaya menjaga karakter moderat di dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Label Teroris untuk KKB Papua Menuai Kontroversi, Polri Belum Putuskan Kirim Densus 88

Dijelaskan Juri, moderasi beragama sebagai salah satu agenda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024, menjadi isu yang selalu dihadapi dalam menjaga Indonesia sebagai negara yang plural dengan banyak agama di dalamnya.

Halaman:

Editor: R. Aulia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x