Masih Ada 17 Ribu Desa 3T, Tertinggal, Terpencil dan Terluar di Indonesia

- 5 Juli 2021, 11:56 WIB
(foto) Ilustrasi mengajar di daerah 3T.
(foto) Ilustrasi mengajar di daerah 3T. /pixabay.com/Aditiotantra

INDOBALINEWS - Perkembangan dunia digital semakin hari semakin tak terbendung dan menuntut kecerdasan atau literasi digital untuk memaksimalkan pemanfaatannya juga meminimalisir kejahatan online yang kerap terjadi yang menjadi dampaknya.

Banyaknya manfaat positif dan ekses dampak negative ini juga dirasakan di daerah 3T yaitu Tertinggal, Terpencil dan di wilayah Terdepan karena berada di perbatasan dengan negara lain.

Seperti yang dikatakan oleh Ayub, seorang guru di Biak, Papua bahwa kemajuan dunia digital sangat dirasakan oleh masyarakat di Biak. Khususnya di bidang Pendidikan untuk mempermudah para guru berimrpovisasi dalam mengcover kekurangan yang ada.

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa Bali, Bule Diawasi Ketat untuk Taat Prokes

“Misal saja, saya beragama Islam tapi saya juga diharuskan mengajar anak murid soal Agama Kristen, dan kekurangan ilmu dan wawasan saya tentang Agama Kristen saya dapatkan dengan mencarinya di internet,” ujar Ayub dalam Webinar Literasi Digital yang digelar oleh Kemkominfo dan Siberkreasi untuk wilayah Kabupaten Biak Numfor, Papua, Jumat 2 Juli 2021.

Ditambahkannya juga apalagi di masa pandemi, dunia digital sangat membantu para guru untuk mengendalikan tugas dari jarak jauh. “

Para guru di Biak harus bisa internet, jika tidak ada internet akan bingung dunia Pendidikan apalagi selama pandemic. Meski di Biak sara dan prasaran masih terbatas tapi tugas tuga masih bisa dikendalikan,” imbuhnya.

Baca Juga: Seorang Pria Gantung Diri di Kandang Babi Milik Tetangga

Selain itu, layanan internet di daerah 3T amat penting untuk layanan kesehatan dan hiburan berkreasi untuk pengembangan diri dan mengembangkan bisnis. “Penting juga di daerah 3T internet untuk hiburan mendownload video dan downliad materi belajar anak-anak.”

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x