Sirkuit Mandalika Raih Grade Tertinggi dari FIM, Para Pebalap Pun Merasa Aman Melaju di Lintasan  

- 19 Maret 2022, 11:05 WIB
Pembalap Pramac Racing Jorge Martin (tengah) mengikuti sesi pengenalan lintasan (track familiarisation) jelang balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis 18 Maret 2022. Para pebalap merasa aman dengan peningkatan kapasitas lintasan sehingga  Sirkuit Mandalika telah mengantongi  homologasi Grade A dari FIM .
Pembalap Pramac Racing Jorge Martin (tengah) mengikuti sesi pengenalan lintasan (track familiarisation) jelang balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis 18 Maret 2022. Para pebalap merasa aman dengan peningkatan kapasitas lintasan sehingga Sirkuit Mandalika telah mengantongi homologasi Grade A dari FIM . /ANDIKA WAHYU/ANTARA

 

INDOBALINEWS - Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Timur mendapat grade tertinggi dari FIM, federasi balap motor dunia.

Dengan lolos homologasi Grade A dari FIM Sirkuit Mandalika layak menggelar balapan MotoGP 2022.

Sirkuit sepanjang 4,3 km itu dinyatakan lebih aman oleh para pebalap dibandingkan ketika mereka menjalani sesi tes pramusim pada Februari 2022 lalu.

Baca Juga: 'Kader Hipmi Pasti Bisa Membalikkan Sebuah Tantangan Menjadi Sebuah Peluang'

Ketika itu sejumlah pebalab menyebut kondisi lintasan yang kotor, berdebu dan aspal yang terkelupas yang membahayakan pembalap.

Sebagai sirkuit baru, kondisi lintasan juga kurang bersahabat bagi pebalap karena masih sempitnya racing line saat itu karena belum banyak karet ban yang menempel di aspal sehingga para pebalap tak mampu mendorong motor mereka mencapai limitnya.

Dorna Sports dan FIM pun mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki yakni kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

"Berdasarkan hasil track inspection oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports dan IRTA pada hari Kamis (17/3), Pertamina Mandalika Circuit telah berhasil lolos homologasi grade A," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x