Kapan Awal Puasa Ramadan? Kemenag Sebut Ada Potensi Beda Awal Ramadan 1443 H

- 1 April 2022, 13:31 WIB
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib, 1 April 2022
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib, 1 April 2022 /Kemenag

INDOBALINEWS - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib mengajak masyarakat untuk menunggu hasil Sidang Isbat penentuan Awal Ramadan 1443 H.

Pasalnya, ada kemungkinan terjadi perbedaan awal Ramadan karena metode penetapan yang digunakan tidak sama. Ada yang akan mengawali Ramadan pada 2 April 2022 dan kemungkinan ada pula yang mulai puasa pada 3 April 2022.

“Kita tunggu hasil Sidang Isbat,” tegas Adib di Jakarta, Kamis 31 Maret 2022 dilansir dari situs resmi Kemenag.

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat, Penetapan Awal Ramadan 1443 H

Menurut Adib, Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H akan digelar pada 1 April 2022, bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H. Sidang Isbat dihelat oleh Kementerian Agama, sebagaimana amanah fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Ada empat hal yang diatur dalam fatwa tersebut. Pertama, penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah dilakukan berdasarkan metode rukyah dan hisab oleh Pemerintah RI cq Menteri Agama dan berlaku secara nasional.

Kedua, seluruh umat Islam di Indonesia wajib menaati ketetapan Pemerintah RI tentang penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1443 H di Masa Pandemi

Ketiga, dalam menetapkan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah, Menteri Agama wajib berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia, ormas-ormas Islam dan instansi terkait.

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x