8 Rekomendari Soal Pencegahan Penyiksaan hasil Temuan KuPP di Wilayah Tengah

- 9 Oktober 2023, 09:02 WIB
Ilustrasi penyiksaan atau penganiayaan.
Ilustrasi penyiksaan atau penganiayaan. /superlux91/Pixabay

 

 

INDOBALINEWS - Dengar Keterangan Umum (DKU) wilayah Tengah terkait penyiksaan dan ill-treatment dalam kerangka Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Penghukuman Lain yang Kejam, tidak Manusiawi atau Merendahkan Kemartabatan Manusia (CAT) dilaksanakan secara hybrid oleh Kerjasama untuk Pencegahan Penyiksaan (KuPP)  di Denpasar Bali pada 3-5 Oktober 2023. 

Dari 8 (delapan) kasus yang diperdengarkan, secara umum dugaan penyiksaan dan ill-treatment meninggalkan luka fisik, psikis, “hidup” yang hilang.

"Seperti yang dialami disabilitas mental maupun beban seumur hidup seperti harus menanggung anak hasil perlakuan buruk tersebut," ujar Anis Hidayah salah seorang dari 7 Komisioner Inkuiri DKU Wilayah Tengah dalam pernyataan resminya yang dikutip Senin 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Jerat Mematikan Judi dan Pinjaman Online di Masyarakat Modern, Harus Ada Solusi!

Selain Anis, 6 komisioner lainnya adalah Andy Yentriyani (Komnas Perempuan), Rainy Hutabarat (Komnas Perempuan), Sylvana Apituley  (KPAI), J. Widijantoro (ORI),  Jemsly Hutabarat (ORI) dan Jonna Aman Damanik  (KND).

Dari keterangan yang diperoleh terdapat dampak fisik terhadap panca-indera berupa suara dengung dalam telinga maupun penglihatan yang memburuk, dan kesulitan buang air besar dan kecil. Sementara dampak psikis yang ditemukan antara lain, trauma berkepanjangan yang dialami seorang anak, dan trauma dan kecemasan orang tua terhadap kesehatan mental dan reproduksi anak  yang mengalami pelukaan dan pemotongan genitalia perempuan (P2GP).

 Baca Juga: 'Kekerasan Seksual di Kampus Merupakan Permasalahan Besar dan Mendalam'

Di samping itu ditemukan penderitaan berkepanjangan termasuk hidup dalam ketakutan sebagai akibat berlarutnya penyelesaiaan perkara – yang kemudian membawa implikasi  pada terlanggarnya hak-hak dasar korban lainya. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x