Polri Izinkan Pelaksanaan Piala Menpora 2021

- 18 Februari 2021, 17:58 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers terkait kelanjutan kompetisi olahraga di Mabes Polri, Jakarta, Senin 8 Februari 2021 lalu.
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers terkait kelanjutan kompetisi olahraga di Mabes Polri, Jakarta, Senin 8 Februari 2021 lalu. /Antara/Kemenpora

INDOBALINEWS - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan izin keramaian terkait pelaksanaan Piala Menpora 2021. Ini merupakan turnamen pramusim sepakbola nasional.

Izin keramaian tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada Menpora Zainuddin Amali, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 18 Februari 2021.

Menurut Kapolri, Piala Menpora 2021 ini akan menjadi indikator untuk penerbitan izin Liga 1 dan Liga 2 musim 2021. Pihaknya tidak segan dalam membuat keputusan andai turnamen pramusim ini tidak berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Takluk di Kandang Porto, Juventus Harus Kerja Keras di Leg Kedua

"Semoga semua pemangku kepentingan sepak bola, baik klub, pemain dan juga para suporter dapat menjaga komitmen bersama terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas," kata Listyo Sigit Prabowo, sebagaimana dikutip Indobalinews dari Antara.

"Kalau turnamen pramusim dapat berjalan dengan baik, penegakan aturan terkait protokol kesehatan berjalan dengan baik, maka kami akan memberikan kelonggaran untuk turnamen selanjutnya. Namun, kalau tidak, tentu kami akan melakukan evaluasi," imbuhnya.

Baca Juga: PSG Bungkam Barcelona di Camp Nou, Mbappe Cetak Hattrick

Kepala Bareskrim Polri 2019-2021 itu berharap, Piala Menpora 2021 ini bisa hiburan bagi masyarakat yang sedang terkungkung pandemi Covid-19.

Ia bahkan menaruh harapan besar, baik PSSI maupun Kemenpora, dapat menemukan pemain-pemain terbaik dari turnamen pramusim yang dapat mewakili Indonesia di berbagai kompetisi internasional termasuk SEA Games 2021 dan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Hattrick Aubameyang ke Gawang Leeds antar Arsenal Kembali Masuk 10 Besar

Sementara itu Menpora Zainudin Amali mengatakan, sejak awal dirinya yakin Polri dapat merumuskan yang terbaik terkait pelaksanaan turnamen pramusim.

Ia juga meminta semua pihak untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama kompetisi. Hal itu juga menjadi permintaan Presiden Joko Widodo, yang disampaikan langsung kepada dirinya.

"Bapak Presiden menitipkan pesan supaya protokol kesehatan itu benar-benar dijaga. Presiden bilang, jangan sampai mengorbankan masyarakat. Dan saya sampaikan, kami juga berkomitmen untuk menjaga itu," tegas Menpora.

Baca Juga: MU Gagal Mencuri Poin Penuh di Hawthorns

Diketahui, Piala Menpora 2021 akan diikuti 20 tim, yaitu 18 klub Liga 1 dan dua tim dari Liga 2. Kompetisi akan melalui babak penyisihan grup.

Penyelenggara menetapkan ada empat grup, di mana satu grup diisi lima tim. Setiap grup nantinya menjalankan semua pertandingan di wilayah yang sudah ditetapkan.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Namun, disiapkan pula tempat lain sebagai alternatif yakni Solo, Bandung, Malang dan Palembang.

Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada rekomendasi Polri yang menilai dari jumlah penderita Covid-19.***

Editor: M Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x