Hadiri Rakerda Partai Golkar, Wagub Bali Ingatkan Orientasi Parpol Jangan Hanya Eksekutif dan Legislatif

- 11 April 2021, 08:25 WIB
Wagub Bali Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati menghadiri pembukaan Rakerda dan Rapim Partai Golkar di Grand Inna Bali Beach Sanur, Sabtu, 10 April 2021.
Wagub Bali Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati menghadiri pembukaan Rakerda dan Rapim Partai Golkar di Grand Inna Bali Beach Sanur, Sabtu, 10 April 2021. /Dok. Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Partai Politik harus menjalankan peran dan fungsinya jangan hanya berorientasi untuk mencetak kader di legislatif dan eksekutif melainkan juga harus memperjuangkan kebijakan partai berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat .

Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati menegaskan itu saat memberi sambutan serangkaian pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) dan rapat pimpinan daerah (Rapimda) partai Golkar Provinsi Bali, di Inna Grand Bali Beach, Denpasar, Sabtu 10 April 2021.

Kata Cok Ace, Rakerda  ini hendaknya dapat dijadikan media untuk saling memberikan masukan dan dukungan dari berbagai sektor.

Baca Juga: Bali Gerakkan ASN hingga Bupati Wali Kota Galang Dana Korban Bencana NTT

Baca Juga: Kisah Heroik Soleman Ketua RT yang Selamatkan Warga Pulau Alor dari Banjir Bandang

Baca Juga: Gempa Malang M 6,1 Porak Porandakan Ratusan Rumah di Jawa Timur

Ia menyampaikan,  Rakerda Partai Golkar ini dipandang sangat strategis dan penting maknanya dalam menyusun langkah program kegiatan operasional kerja untuk tahun tahun mendatang.

"Bukan dimaksudkan hanya sebagai wahana evaluasi program kerja semata, akan tetapi dijadikan sebagai wahana pemantapan eksistensi organisasi melalui peningkatan program kerja yang sekaligus dibarengi peningkatan kemampuan personil," tegas mantan Bupati Gianyar ini.

Menurutnya, peran partai politik dalam perjalanan bangsa Indonesia ini sangatlah penting terutama terkait sistem politik di Indonesia, karena sebagai poros utama dalam sistem demokrasi,

Baca Juga: Kapolri Akui Kecintaannya terhadap Alim Ulama Tidak Akan Pernah Pudar

Baca Juga: Gempa Berkekuatan M 6,7 Getarkan Pulau Jawa hingga Bali

Baca Juga: KKP Gandeng Perbankan dan BUMN Perluas Akses Pembiayaan Bagi Pembudidaya Ikan

Partai politik bukan hanya sebagai wadah mempersiapkan seseorang dalam menduduki jabatan di lembaga legislatif dan juga eksekutif, tetapi partai politik juga berperan untuk mengintegrasikan individu atau kelompok masyarakat ke dalam sistem politik.

Partai politik dituntut untuk melaksanakan peran dan fungsinya sebagai lembaga perumus sarana untuk mencapai cita-cita bangsa,

Dengan demikian, dituntut mampu mengerahkan artikulasi arah dan tujuan partai, karena partai politik memiliki sejumlah kewajiban, antara lain melakukan sosialisasi, pendidikan politik, pembekalan, rekrutmen serta komunikasi politik kepada semua warga negara.

Baca Juga: KKP Lindungi Ikan Hiu Paus Wisata Bahari di NTB dan Gorontalo Tetap Barjalan Baik

Baca Juga: Minta Pinjaman Lunak Bunga Ringan Gubernur Koster Yakin Pelaku Pariwisata di Bali Orang Orang Baik

Rakerda dan Rapimda Partai Golkar Provinsi Bali dibuka Ahmad Doli Kurnia Tandjung selaku Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan sejumlah petinggi Partai Golkar lainnya, diharapkan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi anggota (pada khususnya) dan pembangunan nasional dan juga pembangunan daerah Bali.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, rapat kerja daerah partai golkar kali ini akan membahas beberapa hal penting, salah satunya terkait revisi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 mengenai hubungan keuangan pusat dan daerah,

"Hal ini menjadi sangat penting karena Bali merupakan daerah yang memiliki daya tarik atau daya khas kepariwisataan yang unggul dari daerah lainnya, sehingga membutuhkan perlindungan secara hukum," tegasnya. ***

Editor: R. Aulia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x