Kaesang Jadi Ketum Parpol Instan, Pengamat Menilai Jalan Pintas PSI Raih Tuah Jokowi Effect

- 26 September 2023, 21:05 WIB
Kaesang Pangarep bersama sejumlah pengurus PSI.
Kaesang Pangarep bersama sejumlah pengurus PSI. /Twitter @psi_id

INDOBALINEWS - Bergabungnya putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep ke Partai Solidaritas Indonesia hingga ditunjuk menjadi Ketua Umum PSI sebagai jalan pintas parta mendapatkan Jokowi Effect.

Hal itu dikatakan oleh Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokhim Abdussalam karena prosesnya cepat atau instan. Padahal di dalam organisasi seharusnya berlaku proses atau mekanisme pemilihan yang mengakomodasi kepentingan anggota. 

Surokhim menilai cara cepat yang dilakukan oleh PSI dengan menunjuk Kaesang Pangarep sebagai ketua umum didasari keinginan mendapatkan Jokowi Effect. 

Baca Juga: Tiba di Tiongkok, Ini Harapan Ramadhan Sananta di Babak 16 Besar Asian Games 2022

"PSI berkepentingan supaya punya jalan pintas mendapatkan Jokowi efek dan mendapatkan limpahan itu," ucapnya kepada wartawan, Selasa 26 September 2023 dilansir dari Antara.

Ia juga menganalogikan bergabung dan ditunjuknya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai "akrobat" yang dilakukan di dalam dunia politik.

"Ini seperti akrobat politik, ternyata akrobat itu nyata,"  Anggapan soal akrobat politik karena didasari cepatnya proses penentuan sosok ketua umum suatu partai, terlebih Kaesang juga belum lama bergabung dengan PSI.

Baca Juga: Bule Turki Eks Napi Pembobol ATM dan Kepemilikan Ganja Dideportasi dari Bali

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x