Survei: Pemilih Berlatarbelakang NU dan Muhammadyah Cenderung Pilih Capres Prabowo

- 5 Oktober 2023, 05:22 WIB
Prabowo, Ganjar dan Anies/Dok. YouTube.com
Prabowo, Ganjar dan Anies/Dok. YouTube.com /Dok. YouTube.com

 

INDOBALINEWS - Indonesia Survei Center (ISC) merilis hasil survei terkait elektabilitas bakal caon presiden (bacapres) yang dipersiapkan sejumlah partai untuk maju dalam Pilres 2024 mendatang.

Dari tiga nama bacapres, Prabowo Subianti, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Prabowo dari sejumlah ukuran survei yang dilakukan ISC berada di posisi depan.

Termasuk mengukur pemilih dari latar belakang kelompok organisasi kemasyarakatan. Sebanyak lima kategori yang disodorkan, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Salafiyah, bukan ormas Islam dan yang tidak bersedia menjawab.

Baca Juga: Dortmund Tidak Pernah Kalah di Kandang Dalam Setahun Terakhir, AC Milan Yakin Bisa Menang?

Menurut Chairul Pane, dari data yang disajikan ISC, mayoritas masyarakat yang berlatar belakang NU cenderung memilih Prabowo Subianto dengan persentase 36,3 persen. Sementara yang memilih Ganjar sebesar 32,8 persen dan yang memilih Anies 26,8 persen.

Begitu juga bagi mereka yang mengafiliasikan dengan ormas Muhammadiyah, mereka cenderung memilih Prabowo Subainto dengan skor 34,4 persen. Lalu yang mendukung Ganjar 24,3 persen, sementara yang memilih Anies 33,1 persen.

Baca Juga: Bali Siap Langkah ke Masa Depan dengan Pengembangan LRT: Tak Semuanya di Bawah Tanah, Ada 3 Fase

Sedangkan bagi mereka yang mengklaim sebagai kelompok salafi, cenderung total memilih Anies Baswedan dengan persentase 100 persen.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x