Ini Yang Akan Terjadi Jika Perempuan Tak Mau Berhenti Merokok Saat Hamil

- 5 Desember 2022, 06:11 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /Pixabay/StockSnap/

 

INDOBALINEWS - Merokok tak baik untuk kesehatan semua orang, apalagi untuk seorang perempuan yang tengah mengandung atau hamil.

Sejumlah gangguan kesehatan akan terjadi pada janin selama masih dalam kandungan maupun bayi yang akan dilahirkan jika seorang ibu hamil tak mau berhenti merokok.

Menurut Dokter Kandungan dr Ryandra Prakasa Tryastama, Sp.OG Asap rokok yang mengandung karbon monoksida dan nikotin, itu bisa berakibat buruk untuk kehamilan.

Baca Juga: Paman Ancam Ponakan, Kapolres Turun Tangan Ikut Mendamaikan di Balai Banjar

karenanya asal rokok yang dihirup atau terhirup oleh seorang ibu hamil dapat mengganggu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil tersebut.

"Karbon monoksida dalam asap roko dapat menghambat aliran darah dari ibu ke janinnya. Jadi akan menghambat pertumbuhan pada janin" kata dr Ryandra Prakasa Tryastama, Sp. OG saat menjadi pembicata dalam Seminar "Pengaruh Asap Rokok Terhadap Tumbuh Kembang Anak" di Kota Bandung, Minggu 4 Desember 2022.

Baca Juga: Jokowi Ikut Rapat Persiapan Pernikahan, Kaesang dan Erina Pamer Foto Prewedding

Selain itu semakin banyak asap rokok yang dihisap atau terisap oleh ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa membuat berat badan bayi saat lahir menjadi rendah.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x