Update Covid: Begini Gejala Varian Baru Covid Omicron jika Terjadi pada Orang Tua, Tampak Seperti Flu Biasa

- 9 Januari 2024, 20:10 WIB
Ahli Epidomologi Universitas Airlangga mengimbau masyarakat agar tak usah khawatir terhadap Virus COVID-19 subvarian Omicron EG.5
Ahli Epidomologi Universitas Airlangga mengimbau masyarakat agar tak usah khawatir terhadap Virus COVID-19 subvarian Omicron EG.5 /Pixabay/

INDOBALINEWS - Seperti juga pada virus covid 19 yang lalu, varian baru covid subvarian Omivron harus diwaspadai terutama pada orang tua atau yang berisiko.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Mira Yulianti Sp PD-KP mengimbau kepada masyarakat jika merasa bergejala seperti batuk dan pilek, sebaiknya melakukan pemeriksaan swap antigen atau PCR yang dapat mendeteksi virus influenza secara keseluruhan atau virus COVID.

Jika memang didapati hasil yang positif, maka perlu kesadaran diri untuk menghindar dari orang yang sehat atau yang memiliki daya tahan tubuh lemah agar tidak menularkan.

Baca Juga: Liga 1: Persebaya Surabaya Pasang Target Realistis, Minta Paul Munster Bawa Bajol Ijo Lepas dari Degradasi

Pencegahan bagi yang sehat pun tetap sama dengan yang pernah dilakukan saat merebaknya virus Sars Cov 2 atau COVID-19 yakni memakai masker dan rajin cuci tangan karena virus menular melalui droplet atau percikan liur.

“Kalau memang bergejala masih awal, masih dini itu akan batuk pilek biasa, tapi ada potensial untuk memberat, makanya kalau sakit batuk pilek biasa kalau memungkinkan lakukan pemeriksaan swap antigen atau PCR saran saya tetap dilakukan, untuk menghindari menularkan ke orang lain yang kekebalan tubuhnya lebih lemah daripada kita,” kata Mira. dilansir dari Antara.

Baca Juga: 'Lord Andijerni' Karateka dan Caleg Gerindra yang Ngetop di Debat Capres, Simak Pujian Para Netizen

Sementara itu Jika varian virus baru ini mengenai orang-orang yang berisiko progresif menjadi buruknya tinggi atau high risk progression, maka akan diberikan obat antivirus yang sudah direkomendasikan WHO dan atas pengawasan dari dokter.

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x