Ada Virus Zombie dari Kutub Utara yang Jika Meleleh jadi Potensi Pandemi Berbahaya bagi Manusia

- 27 Januari 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi virus zombie.
Ilustrasi virus zombie. /Pixabay/

INDOBALINEWS - Belum tuntas 100 persen ketakutan warga bumi akan virus covid 19 hilang karena di beberapa negara masih ditemukan kasus varian barunya, saat ini virus lainnya mengintai.

Virus Zombie, para ilmuwan menyebutnya saat ini berpotensi menjadi ancaman kesehatan terbaru.

Menurut para ahli virus ini akan jadi potensi ancaman baru jika kutub meleleh sebab saat ini virus zombie masih membeku di lapisan es Kutub Utara.

Dan jika pemanasan global makin mengkhawatirkan maka virus ini beresiko dapat lepas. Akibatnya akan menimbulkanwabah penyakit atau pandemi. Para ilmuwan menyebut mikroba Methuselah sebagai virus zombie.

Baca Juga: Juventus vs Empoli Pekan 22 Liga Italia, Tayang Jam Berapa dan Live di TV Mana? Cek Link Live Serie A di Sini

"Strain mikroba Methuselah ini, atau yang juga dikenal sebagai virus zombie, telah diisolasi oleh para peneliti yang telah menimbulkan kekhawatiran bahwa keadaan darurat medis global baru dapat dipicu, bukan oleh penyakit yang baru dikenal dalam ilmu pengetahuan, melainkan oleh penyakit dari masa lalu," demikian laporan The Guardian, melansir Times of India, Jumat 26 Januari 2024 dilansir dari Antara.

Ahli virus dari Erasmus Medical Center di Rotterdam, Marion Koopmans mengatakan kepada media setempat bahwa ada risiko nyata bahwa mungkin ada virus dari kutub yang mampu memicu wabah penyakit, kemungkinan seperti bentuk polio kuno.

Dia mengimbau ilmuwan dan masyarakat untuk harus berasumsi bahwa hal seperti ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga: Viral, Wisatawan asal Inggris Ini Ngaku Tertipu Iklan Pariwisata Pantai Kuta, Soroti Macet dan Tumpukan Sampah

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x