Kombucha Bagus Untuk Diet, Simak 5 Manfaat Lainnya

- 19 Februari 2024, 20:44 WIB
Ilustrasi kombucha /freepik/freepik
Ilustrasi kombucha /freepik/freepik /

INDOBALINEWS – Kombucha dikenal dengan teh yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Minuman ini juga terbilang unik karena proses pembuatannya dengan frementasi. Minuman ini terbuat dari the, ragi, dan gula yang nantinya akan difrementasikan.

Campuran ini perlu didiamkan selama satu minggu. Selama waktu itu, bakteri dan asam akan terbentuk dengan sedikit alkohol.

Bakteri dan asam tersebut juga menghasilkan lapisan pada bagian atas cairan yang disebut SCOBY. Bakteri kombucha ini merupakan bakteri asam latat sebagai probiotik.

Baca Juga: Ini Komentar Tito Karnavian Soal 'Dirty Vote' yang Menyebut Namanya

Kandungan tersebut sangatlah bermanfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Menjaga berat badan terkendali

Kombucha menjadi salah satu pilihan lain bagi orang yang melakukan diet. Minuman soda yang berasa bisa diganti dengan kombucha. Karena kombucha ini memiliki kalori dan gula yang lebih sedikit. Kombucha ini berisi 6 hingga 8 gram gula per porsinya. Sehingga minuman ini dapat membantu untuk menjaga berat badan.

2. Melancarkan pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, probiotik dalam kombucha dapat menyeimbangkan bakteri baik di usus. Di dalam kombucha, terdapat lactobacillus dimana jenis probiotik yang dapat menstabilkan pencernaan serta mencegah adanya infeksi san peradangan. Sehingga bermanfaat untuk mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit, radang usus dan kembung.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: halodoc


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x