Lima Seniman Gelar Pameran 'Argya Citra' di Gourmet Garage Jimbaran Bali

- 3 Juli 2021, 06:46 WIB
Pameran seni rupa 'Argya Citra' menampilkan karya seniman Trisno Santoso, Djaja Tjandra Kirana, IB Adnyana Putra, Handy Saputra dan Tjandra Hutama di Gourmet Garage Jimbaran Bali, 2 Juli-8 Agustus 2021. Saat pembukaan dimeriahkan tari kontemporer oleh Dewa Ayu Eka Putri.
Pameran seni rupa 'Argya Citra' menampilkan karya seniman Trisno Santoso, Djaja Tjandra Kirana, IB Adnyana Putra, Handy Saputra dan Tjandra Hutama di Gourmet Garage Jimbaran Bali, 2 Juli-8 Agustus 2021. Saat pembukaan dimeriahkan tari kontemporer oleh Dewa Ayu Eka Putri. /Argya Citra/Gourmet Garage

INDOBALINEWS - Lima seniman menggelar 29 karya dalam pameran bersama bertajuk Argya Citra mulai 2 Juli hingga 8 Agustus 2021 di Lantai 3 Gourmet Garage, Jl. Bypass Ngurah Rai Jimbaran.

Pameran ini dibuka oleh kritikus seni Dr. Jean Couteau dan dimeriahkan dengan tari kontemporer Dewa Ayu Eka Putri. Para undangan yang hadir di pusat kuliner dan perkakas F & B itu dibatasi hanya 50% dari kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pameran ini digelar sebagai penghormatan dan mengenang seniman senior yang telah almarhum, Trisno Santoso (1930-2008). Sebanyak 13 karya Santoso ikut dipamerkan bersama karya empat seniman yakni Djadja Tjandra Kirana (77), IB Putra Adnyana (63), Handy Saputra (57), dan Tjandra Hutama (40).

Baca Juga: Bali Kandarupa: Pameran Seni Rupa Tradisi, Tampilkan Karya 113 Seniman di Ajang PKB 2021

Menurut Tjandra Kirana yang juga sahabat Trisno Santoso, pameran ini juga memaknai arti persahabatan dan persaudaraan yan diharapkan menggugah semangat kebersamaan bagi siapa saja. Ia bersama ketiga perupa lintas generasi sepakat memberikan penghormatan (argya) kepada karya rupa (citra) sesama seniman.

“Kami salut atas keteguhan Santoso meniti karir hingga akhir usia. Pilihannya menjadi seniman telah menapakkan jejak dan kini dikenang handai taulan, termasuk saya dan seniman yang ikut pameran ini,” kata Tjandra, di sela-sela acara pembukaan, Jumat 2 Juli 2021 malam.

Pemilik Gourmet Garage Henny Santoso yang merupakan putri sulung almarhum Trisno Santoso mengatakan ingin mengenang ayahnya melalui sejumlah karya melalui pameran dengan harapan spirit kekaryaan itu menjadi motivasi positif dan inspirasi.

Henny menjelaskan meskipun tidak mewarisi bakat seni ayahnya, dia mendapat tempaan hidup dari orangtuanya itu. Sebagai seniman hingga akhir hayat, ayahnya menanamkan kepada anak-anaknya tentang hal mendasar yang bermanfaat sebagai bekal menjalani kehidupan seperti kejujuran, disiplin, tangggung jawab, dan kerja keras.

Baca Juga: Ini Syarat Ikuti Pameran di Pesta Kesenian Bali (PKB) 2021

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x