Pentingnya Cashless Bagi Pelaku UMKM

- 4 Juni 2021, 21:59 WIB
ilustrasi pembayaran non tunai atau cashless.
ilustrasi pembayaran non tunai atau cashless. /ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA

INDOBALINEWS - New normal memunculkan banyak kebiasaan baru dengan diterapkannya protokol kesehatan bagi masyarakat. Norma hidup yang lama secara langsung akan berganti kepada gaya hidup yang baru, yaitu mengutamakan kesehatan.

Salah satunya adalah gaya hidup baru yang berubah seperti perilaku masyarakat dalam bertransaksi, yakni secara nontunai atau cashless. Pasalnya, transaksi nontunai melalui dompet digital dapat menghindarkan kontak fisik melalui medium uang tunai.

Menurut sejumlah literatur kesehatan, hal ini penting mengingat pembayaran dengan uang tunai bisa menjadi salah satu jalur transmisi penyebaran virus. Pentingnya cashless ini juga yang menjadi pembahasan dalam Webinar Literasi Digital yang digelar Kemkominfo dan Siberkreasi menggelar Webinar Literasi Digital di Kabupaten Manggarai NTT, Jumat 4 Juni 2021.

Baca Juga: Update: Video Viral Pesta Seks di Bali, 2 Bule Pemainnya Ditengarai Sudah Pulang ke Jerman

Seorang pembicara Webinar, Adinda Atika, Business Development Manager fintech Tunai Kita menjabarkan pentingnya penggunaan cashless bagi pelaku UKM. Menurutnya dari data yang ada penggunaan cashless naik sekitar 24 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Penggunaan cashless penting bagi pelaku UMKM untuk membantu kegiatan bisnisnya. Sebanyak 19,3 persen prediksi transaksi tanpa uang tunai menikat dalam kurun waktu 2019-2023. Salah satunya meningkat spesifik di Asia Pasifik termasuk Indonesia,” ujar Adinda.

Baca Juga: Kaca Mobil Dikeprok Maling Saat Ditinggal Makan 30 Menit, Rp15 Juta Melayang

Ia melanjutkan, persentase ini meningkat karena banyak kelebihan dari cashless termasuk kemudahan sehingga pemerintah Indonesia pun mendorong penggunaannya. “Cashless juga sangat membantu UMKM di kota lain untuk berekspansi dengan semakin meningkatnya e-commerce di masa pandemi. Para pelaku UMKM dari daerah lain juga bisa mendapatkan kemudahan dengan penggunaan cashless ini,” imbuh Adinda.

Adinda juga mengatakan kelebihan cashless lainnya adalah membuat pemakai sadar akan manajemen finansial mereka dan masyarakat lebih mudah membuat planning keuangan. “Hal ini membantu individu, bisnis dan negara. Selain itu track atau riwayat transaksi juga bisa terlihat untuk record aktivitas kita, praktis dan cepat. Sekaligus meminimalisir pencurian, juga lebih banyak promo, higienis dan nyaman.”

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x