Perang Gaza Memanas, Pemimpin Hamas Kunjungi Mesir untuk Gencatan Senjata Baru

- 21 Desember 2023, 08:13 WIB
ilustrasi terowongan yang diklaim Israel sebagai terowongan Hamas.
ilustrasi terowongan yang diklaim Israel sebagai terowongan Hamas. /AFP/

 

INDOBALINEWS - Pemimpin Hamas mengunjungi Mesir untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan pada hari Rabu 20 Desember 2023, sebuah intervensi pribadi yang jarang terjadi dalam diplomasi di tengah apa yang digambarkan oleh sebuah sumber sebagai pembicaraan intensif mengenai gencatan senjata baru untuk membiarkan bantuan mencapai Gaza dan membebaskan lebih banyak sandera.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, yang biasanya tinggal di Qatar, biasanya melakukan diplomasi secara terbuka hanya jika ada kemajuan.

Dia terakhir kali melakukan perjalanan ke Mesir pada awal November sebelum pengumuman satu-satunya gencatan senjata dalam perang Gaza sejauh ini, jeda selama seminggu yang menyebabkan pembebasan sekitar 110 dari 240 sandera yang disandera oleh Hamas dalam serangannya pada 7 Oktober di Israel.

Baca Juga: Kejutan, Inter Milan vs Bologna, Nerazzuri Susul Susul Napoli Tersingkir dari Babak 16 Besar Coppa Italia

Jihad Islam, sebuah kelompok militan Palestina yang lebih kecil yang juga menyandera di Gaza, mengatakan pemimpinnya juga akan mengunjungi Mesir dalam beberapa hari mendatang untuk membahas kemungkinan diakhirinya konflik tersebut.

Sebuah sumber yang mengetahui mengenai perundingan tersebut mengatakan bahwa para utusan tersebut secara intensif mendiskusikan sandera mana yang masih ditahan oleh militan Islam Palestina di Gaza yang dapat dibebaskan melalui gencatan senjata baru dan tahanan mana yang mungkin akan dibebaskan Israel sebagai imbalannya.

Israel bersikeras agar semua perempuan dan laki-laki lemah yang tersisa di antara para sandera dibebaskan, kata sumber itu, yang menolak disebutkan namanya. Warga Palestina yang dihukum karena pelanggaran serius bisa masuk dalam daftar tahanan yang akan dibebaskan oleh Israel.

Baca Juga: Tak Perlu ke Luar Negeri, Pasian Stroke dan JantBaca Juga: Ramai Kisah Kasih Marshanda dan Vicky Prasetyo, Begini Faktanyaung Bisa Berobat ke Rumah Sakit Vertikal Kemenkes

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x