Pikiran Rakyat Media Network Gelar UKW Pertama

- 30 Maret 2021, 18:07 WIB
Foto bersama para peserta dan penguji UKW yang dilaksanakan LUKW PR.
Foto bersama para peserta dan penguji UKW yang dilaksanakan LUKW PR. /Indobalinews/PRMN

INDOBALINEWS - Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Bandung, 29-30 Maret 2021. UKW pertama ini diikuti sebanyak 16 peserta.

Dari jumlah tersebut, 12 orang diantaranya mengikuti UKW jenjang Muda. Sisanya jenjang Madya. Hasilnya, sebagaimana pengumuman kelulusan yang disampaikan penguji dari PWI Pusat Refa Riana, satu peserta pada jenjang Madya dinyatakan tidak lulus.

UKW yang dilaksanakan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Pikiran Rakyat (LUKW PR) ini melibatkan tiga penguji kompeten dari PWI Pusat, masing-masing Widodo Asmowiyoto, Suherlan, dan Refa Riana.

Baca Juga: Digagalkan Peredaran 42,3 Kg Sabu dan 85 Ribu Ekstasi Diduga Didalangi WN Malaysia

Baca Juga: Selisih 247 Suara, Dokter Teladan Itu Akhirnya Ditetapkan Menjadi Bupati Belu

Dalam UKW kali ini, LUKW PR menggunakan modul yang sebelumnya diadopsi dari modul UKW PWI namun telah mendapatkan penyesuaian dengan karekter portal berita online, sehingga memasukkan materi menyangkut pedoman pemberitaan media siber (PPMS), selain juga pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA).

UKW pertama LUKW PR ini dibuka oleh salah seorang anggota Dewan Pers Dr Asep Setiawan serta diawasi langsung oleh unsur Dewan Pers. UKW ditutup Direktur Bisnis PT Pikiran Rakyat Bandung Januar P Ruswita.

UKW ini juga diikuti oleh 6 pemagang yang ke depan akan mengisi tenaga penguji di lingkungan LUKW PR. Keenamnya adalah Erwin Kustiman, Dadang Hermawan, Otang Fharyana, Hari Setiawan, Brilliant Awal, dan Sunardi Panjaitan. Para pemagang ini harus mendampingi penguji dalam tiga kesempatan UKW, sehingga layak untuk menjadi penguji UKW.

Pelaksanaan UKW perdana oleh LUKW PR ini diapresiasi oleh CEO PRMN Agus Sulistriyono. Menurut dia, pihaknya menargetkan lebih dari 800 wartawan dari sekitar 150 lebih portal mitra PRMN akan menjalani UKW sesusai jenjang masing-masing.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x