Selisih 247 Suara, Dokter Teladan Itu Akhirnya Ditetapkan Menjadi Bupati Belu

- 30 Maret 2021, 13:49 WIB
Dokter Taolin Agustinus di depan Gedung ABN NasDem, Jakarta.
Dokter Taolin Agustinus di depan Gedung ABN NasDem, Jakarta. /Indobalinews/Dokumen Partai NasDem

INDOBALINEWS - Pilkada Kabupaten Belu 2020 lalu, menyita perhatian publik. Maklum, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Nomor Urut 1 Willybrodus Lay dan JT Ose Luan, yang merupakan calon petahana justru gagal menjadi juara.

Keduanya kalah dengan selisih hanya 247 suara dari pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Nomor Urut 2 dr Taolin Agustinus, SpPd dan Drs Aloysius Haleserens, MM, yang meraih 50.623 suara.

Kekalahan tipis ini membuat incumbent melayangkan gugatan sengketa hasil Pilkada Belu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah melalui tahapan persidangan yang panjang, Hakim Konstitusi akhirnya membacakan keputusan, Senin 22 Maret 2021.

Baca Juga: Terkuak Misteri Pelaku Bom Makassar Adalah Pasutri Baru Nikah 6 Bulan

Baca Juga: Ini Kata Isteri Bams Eks Samsons, Soal Kabar 'Selingkuh Dengan Mertua'

Dalam putusannya, Hakim Konstitusi menguatkan keputusan KPU Kabupaten Belu terkait penetapan hasil perolehan suara Pilkada Belu 9 Desember 2020.

Putusan MK ini, disambut tunduk syukur sembari memberi "Tanda Salib, Tanda Kemenangan" di dahi, di dada bagian tengah, kiri dan kanan, oleh Taolin Agustinus yang mengikuti sidang secara virtual bersama pendampingnya Aloysius Haleserens, di War Room Akademi Bela Negara (ABN) Jakarta.

Dengan putusan ini, pasangan Taolin Agustinus dan Aloysius Haleserens resmi terpilih menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah di perbatasan negara matahari terbit Timor Leste dengan Indonesia itu.

Diketahui, Taolin Agustinus merupakan sosok yang pernah terpilih sebagai "dokter teladan" tingkat Puskesmas se-Indonesia beberapa tahun silam. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah dusun di Desa Halilulik, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x