Ibadah Haji Tahun Ini Batal Lagi, Calhaj di Bali Berdoa Panjang Umur

- 3 Juni 2021, 15:07 WIB
Ilustrasi Pelaksanaan Ibadah Haji.
Ilustrasi Pelaksanaan Ibadah Haji. /Pixabay/fuad787041

INDOBALINEWS - Menyusul keputusan pemerintah yang kembali membatalkan pelaksanaan Ibadah Haji di tahun 2021 ini sejumlah calon haji (Calhaj) di Bali yang telah siap diberangkatkan berdoa agar diberi panjang umur dan bisa menunaikannya saat waktunya tiba.

Seperti yang diungkapkan oleh Komang Ratna, warga Jimbaran yang genap sudah 10 tahun menunggu sejak mendaftar pertama kali.

Ia mengaku pasrah dan paham bahwa tak bisa memaksakan diri untuk menunaikan Ibadah Haji di tengah pandemi. "Mudah-mudahan masih diberi panjang umur nanti saatnya sudah tidak pandemi bisa berangkat. Jika dipaksakan pun saya sebenarnya agak khawatir," ujar Ratna.

Baca Juga: JPU Tuntut 6 Tahun Penjara Untuk Rizieq Shihab Karena Berbohong

Ia mengaku sebelumnya sudah mendapat pengarahan dari Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji di Bali tentang kondisi yang harus dihadapi jika pun pemerintah memperbolehkan berangkat di tengah pandemi.

"Sudah mendapat pengarahan sebelumnya kondisi persiapan jika diperbolehkan berangkat dengan kuota yang terbatas. Ada pemeriksaan Swad di Bali kemudian di Surabaya lengkap dengan isolasi mandiri djika terindikasi dan saat tiba di Saudi pun harus melakukan prokes yang sama dan memang lebih baik menunggu saja keadaan lebih normal lagi," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Video Tiktok Pesta Seks di Bali, Aparat Berwenang Turun Tangan

Di hari ini Kamis 3 Mei 2021, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Menurutnya, di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” tegas Menag dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, Kamis 3 Juni 2021 seperti yang dilansir dari laman resmi kemenag.go.ig. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x