Dispar Bali Catat 4,4 Juta Wisman Pelesiran di Bali, Diproyeksi 5 Juta Lebih Akhir Tahun

- 9 November 2023, 21:36 WIB
Ilustrasi Pantai Kuta, Badung, Bali.
Ilustrasi Pantai Kuta, Badung, Bali. /NguyenDo

 

INDOBALINEWS - Dinas Pariwisata (Dispar) Bali mencatat wisatawan mancanegara (wisman) yang pelesiran di Bali periode Januari-Oktober 2023 mencapai 4,4 juta turis asing.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun menuturkan bahwa untuk wisman yang paling banyak datang ke Bali adalah warga negara asing (WNA) dari Australia, kedua India, dan ketiga Tiongkok.

"Sampai bulan Oktober 2023 sudah 4,4 juta turis yang ke Bali. Tinggal November dan Desember 2023 yang belum dihitung," kata Pemayun saat dihubungi, Kamis sore 9 November 2023.

Baca Juga: Omegle dan OmeTV: Apa Bedanya?

Pemayun menyebut target kunjungan pada 2023 pihaknya mematok mencapai 4,5 juta wisman. Kendati demikian, dengan rata-rata kunjungan turis asing ke Bali yang mencapai sekitar 15 ribu per hari, akan lebih dari 5 juta wisman hingga akhir 2023.

"Yang penting target saya 4,5 juta tahun ini. Mudah-mudahan dengan rata-rata satu hari 15 ribu (turis asing ke Bali) bisa melebihi target. Prediksi saya, (hingga akhir tahun) melebihi 5 juta," imbuhnya.

Baca Juga: Perut Sakit Karena Asam Lambung? Berikut Penyebab, Gejala dan Cara Menanganinya

Ia juga menyampaikan untuk length of stay atau jangka waktu berapa lama wisman di Bali, itu rata-rata 7 hingga 9 hari. Kemudian, untuk tingkat okupansi atau tingkat keterisian hotel di Pulau Dewata, rata-rata sekitar 60 hingga 70 persen dan diprediksi di akhir tahun 2023 bisa mencapai 80 persen.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x