Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Melebihi Target 2023

- 24 Desember 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi pariwisata Indonesia. Menparekraf mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia melampaui target di tahun 2023.
Ilustrasi pariwisata Indonesia. Menparekraf mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia melampaui target di tahun 2023. /pexels

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan capaian sektor parekraf di tahun 2023 dalam refleksi akhir tahun yang digelar daring dari Jakarta.

Diungkapkan Menparekraf Sandiaga,  kunjungan wisatawan mancanegara yang sampai Oktober 2023 jumlahnya mencapai hampir 9,5 juta. Angka tersebut jauh di atas target sebesar 8,5 juta.

"Mudah-mudahan kita bisa mencapai target di atas 11 juta kunjungan wisatawan di akhir tahun 2023," kata Menparekraf Sandiaga yang dikutip Minggu 24 Desember 2023.

Baca Juga: Libur Nataru di Bali: Pelabuhan Gilimanuk Antisipasi Peningkatan Penumpang

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan karena baru di pertengahan tahun pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir dan masuk ke fase endemi.

"Oleh karena itu kami sangat bersyukur bahwa seluruh sektor bisa melakukan penyesuaian sehingga target-target bukan hanya tercapai tapi terlampaui dengan semangat 3G yakni gercep, geber, dan gaspol untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga.

Sementara itu untuk nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS dengan kontribusi PDB pariwisata diperkirakan mencapai angka 3,8 persen, nilai tambah ekraf sebesar Rp1.050 triliun, nilai ekspor ekraf sebesar 17,38 miliar dolar AS, dan jumlah pergerakan wisatawan nusantara sebesar 688,78 juta perjalanan hingga Oktober 2023.

Baca Juga: Mahfud: Rugikan Rakyat, Pinjol Ilegal Harus Ditindak Tegas

Jumlah pergerakan wisnus ini telah melampui pergerakan di tahun 2019 atau sebelum pandemi yang menunjukkan bahwa pariwisata Indonesia telah pulih dengan sangat kuat.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x