Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Sumbar dan Kepri

- 25 Februari 2021, 12:08 WIB
Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru selesai dilantik.
Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru selesai dilantik. /Indobalinews/Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden

INDOBALINEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, serta Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021.

Acara pelantikan tersebut diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden Jokowi kepada masing-masing calon gubernur dan calon wakil gubernur di Istana Merdeka, Jakarta.

Usai penyerahan petikan Keppres, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama ketiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wagub melakukan prosesi Kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Selanjutnya, dilakukan upacara pelantikan.

Baca Juga: Giliran Wartawan Divaksin Covid-19

Berbeda dengan sebelumnya, di masa pandemi ini Kirab dilakukan dengan jumlah barisan pasukan yang lebih sedikit, yaitu hanya dengan empat orang personel.

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti dengan pembacaan Keppres Nomor 40P Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Baca Juga: Lansia Sebaiknya Konsultasi Dokter Sebelum Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

Usai pembacaan Keppres, kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Upacara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pasangan kepala daerah yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, diikuti foto bersama dengan masing-masing pasangan gubernur dan wakil gubernur.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x