Studi di Luar Negeri Tak Halangi Tsamara Amany Kritisi Kebijakan Gubernur Anies Baswedan

- 1 September 2021, 14:27 WIB
Politikus Partai Solidaritas Indonesia PSI Tsamara Amany mengkritisi kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Politikus Partai Solidaritas Indonesia PSI Tsamara Amany mengkritisi kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Instagram/@tsamaradki

INDOBALINEWS - Tengah menempuh pendidikan di luar negeri tidak menghalangi semangat daya kritis Tsamara Amany, politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk terus mengkritisi berbagai kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gaya kritikannya yang tajam dan lugas seperti ditunjukkan Tsamara Amany melalui akun Twitternya terkait rencana Pemprov DKI yang akan menggelar balapan mobil Formula E di Jakarta.

Dengan lantang Tsamara Amany menyuarakan hak interpelasi Wakil Rakyat di DPRD untuk menanyakan potensi kerugian anggaran terkait even Formula E tersebut.

Baca Juga: Warga Berebut Bingkisan Presiden Jokowi di Got, Roy Suryo: 'Sedemikian Memperlakukan Rakyatmu begitu.?'

"Wakil Rakyat di DPRD menggunakan hak bertanya pada gubernur terkait potensi kerugian anggaran yang disebabkan oleh Formula E,"  tulisnya di akun @TamaraDKI yang diunggah Selasa, 31 Agustus 2021.

Tsamara juga mempertanyakan sikap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menurutnya terkesan menghindar untuk memberikan keterangan terkait Formula E kepada DPRD melalui hak interpelasi.

"Mengapa Gubernur tak datang saja? Mengapa Gubernur mencoba berbagai cara agar forum beritanya itu tak terjadi?," begitu cuitannya di Twitter.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Ungkap Temuan Korupsi akibat Perencanaan Anggaran Tidak Sesuai Kebutuhan

Tak hanya sampai disitu, bahkan Tsamara sempat melontarkan pertanyaan menohok yang langsung ditujukan Gubernur DKI.

"Mengapa takut, Pak Gubernur?," tulisnya tanpa tedeng aling-aling.

Gaya penyampaian kritik lugasnya juga dia lakukan melalui aplikasi Tiktok. Kritikannya ia kemas dengan unik, khas gaya anak muda milenial yang kemudian ia posting di Instagram, akun tsamaradki pada Minggu 29 Agustus 2021.

Baca Juga: Pimpin Kabupaten Termiskin di Bali, Bupati Bangli Termotivasi Semangat Pramuka

Awal-awal kemunculan Tsamara dipublik, memang sempat membuat banyak kalangan terkaget-kaget. Parasnya yang ayu dan tampilan casualnya dengan usia yang relatif masih muda ini membuat beberapa pihak seperti memandang sebelah mata akan kemampuannya.

Bahkan beberapa ada yang terkesan seperti menyepelekannya. Seperti terlihat ketika ia tampil di TVOne dalam acara Indonesia Lawyers Club tanggal 20 Agustus 2019.

Dalam acara tersebut Tsamara cukup tangkas memaparkan pandangan-pandangannya dengan berbasis data yang dia miliki. Lantas perlahan alumnus Universitas Paramadina yang lulus dengan cum laude ini menuai banyak perhatian.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tegaskan Indonesia Membutuhkan Kepemimpinan dengan Semangat Muda

Meski partai yang diusungnya PSI tak lolos parliamentary threshold atau syarat minimal masuk parlemen pada tahun lalu, namun istri Ismail Fajrie Alatas ini tak surut semangatnya untuk terus berjuang membawa perubahan.

Saat ini Tsamara Amany sedang studi di Amerika mengambil Master di New York University dengan beasiswa Fulbright.***

Editor: R. Aulia

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x