10 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Otak, Salah Satunya Minum Alkohol

- 11 Maret 2021, 20:50 WIB
Otak manusia.
Otak manusia. /Ilustrasi/unsplash

INDOBALINEWS - Otak merupakan pusat semua kontrol aktivitas tubuh. Namun terkadang tanpa disadari, ternyata kita melakukan kebiasaan buruk yang dapat menurunkan kinerja otak atau bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari ternyata dapat merusak otak, sebagaimana dikutip Indobalinews dari YouTube Berilmu pada Kamis 11 Maret 2021.

1. Mendengarkan musik terlalu keras

Jangan terlalu sering mendengarkan musik dengan earphone atau headset. Mendengarkan musik dengan volume yang keras selama 30 menit dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Baca Juga: Kecelakaan Bus Sumedang : Diselidiki Kelebihan Muatan Hingga Supir Pakai Aplikasi Peta Online

2. Tidak cukup minum air

Meminum air yang cukup sangat penting untuk tubuh karena dapat menjaga elektrolit dalam tubuh yang berhubungan dengar kinerja otak. Sehingga untuk menjaga fungsi otak, Anda harus minum air secara teratur.

3. Tidur dengan kepala tertutup

Tidur dengan kepala tertutup dapat menyebabkan Anda menghirup karbondioksida lebih banyak dibandingkan oksigen. Hal ini sangat tidak baik untuk kinerja otak, karena untuk menjalankan fungsinya dibutuhkan oksigen.

Baca Juga: Ini Manfaat Berdiri, Dari Bakar Kalori Hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung

4. Tidak aktif melakukan kegiatan kreatif

Salah satu latihan dalam mengembangkan kemampuan otak adalah dengan melakukan kegiatan yang kreatif.

Caranya, Anda bisa memulainya dengan melakukan problem solving (penyelesaian masalah), seperti membaca teka-teki, bermain puzzel, atau berbicara serius dengan orang lain.

5. Bekerja ketika sakit

Ketika sakit, tubuh dan otak akan mengerahkan sumber dayanya agar badan kembali sehat. Ini menyebabkan tubuh dan otak bekerja dua kali lipat. Hal tersebut akan mengakibatkan sakit yang lebih parah.

Baca Juga: PSG Singkirkan Barcelona dari Ajang Liga Champions

6. Terlalu sering di ruang gelap

Penelitian menunjukkan, jika orang yang terlalu sering berada di ruangan gelap cenderung memiliki potensi depresi yang lebih tinggi. Sehingga akan menyebabkan kemampuan kognitifnya menurun.

7. Kurang tidur

Jika Anda terus memaksakan diri untuk terus begadang, otak tidak mempunyai kesempatan untuk beristirahat. Sehingga berakibat kurangnya konsentrasi dan bisa meningkatkan risiko penyakit alzheimer atau hilang ingatan.

Baca Juga: Nama Pele Akan Diabadikan Jadi Nama Stadion di Brazil

8. Multitasking

Orang yang sering melakukan pekerjaan multitasking, menunjukkan penurunan kreatifitas. Kerjakan pekerjaan satu per satu, jangan melakukan perkerjaan yang berbeda dalam satu waktu. Hal ini tidak hanya menambah produktifitas Anda tapi juga melindungi otak Anda.

9. Gaya hidup kurang gerak

Gaya hidup yang kurang aktif cenderung memiliki potensi penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, atau penyakit yang berhubungan dengan otak seperti stroke dan gangguan otak lainnya. Jadi jika Anda tipe orang yang bekerja duduk seharian di kantor, cobalah diimbangi dengan olahraga.

Baca Juga: 26 Tewas Dalam Kecelakaan Bus di Sumedang Usai Study Tour, Diduga Rem Blong

10. Terlalu banyak minum alkohol

Terlalu banyak minum alkohol akan menyebabkan kurangnya vitamin B1 dan magnesium. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan kebingungan, hilang ingatan, menurunkan kesadaran, dan menyebabkan emosi yang tidak stabil. Sehingga terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan otak menjadi rusak.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x