Ini Manfaat Berdiri, Dari Bakar Kalori Hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung

- 11 Maret 2021, 09:28 WIB
Illustrasi beraktivitas sambil berdiri.
Illustrasi beraktivitas sambil berdiri. /pexel.com/StartupStockPhotos

INDOBALINEWS - Sikap berdiri adahal salah satu aktivitas yang tiap hari kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dianggap ringan biasa saja tetapi banyak manfaat berdiri yang bisa kita peroleh untuk kesehatan.

Posisi berdiri yang benar yang bermanfaat untuk kesehatan dalah posisi yang menjaga seluruh ‘perangkat’ penunjang tubuh bekerja sangat minim. 

Sebaliknya, posisi berdiri yang salah tidak hanya menyebabkan pegal dan nyeri leher, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 26 Tewas Dalam Kecelakaan Bus di Sumedang Usai Study Tour, Diduga Rem Blong

Bila dapat menerapkan posisi berdiri yang benar, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

Ahli fisiologi olahraga dari American College of Sports Medicine, Phung D. Tran mengatakan, berdiri bisa membantu Anda membakar lebih banyak kalori, meningkatkan metabolisme glukosa dan kontraksi otot untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi risiko kardiovaskular yang menyerang jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: Tak Suka Isteri Ditemui Pria Lain di Rumah Kosong, Suami Aniaya Korban Pakai Senapan

Sebaliknya, duduk lama dapat menyebabkan lebih banyak timbunan lemak dalam tubuh Anda dan meningkatkan risiko penyakit koroner, diabetes, obesitas dan depresi.

Menurut ahli gizi Laura Gilstrap yang dikutip indobalinews.com dari Antara adalah ketika Anda berdiri maka sekitar 100-200 kalori terbakar setiap jam-nya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Insider antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x