FFI 2021 Tampilkan Karya Sineas di Masa Pandemi, Hilmar Farid: Tiada Hari Tanpa Produksi Film

- 28 Oktober 2021, 05:33 WIB
Hasil penjurian Festifal Film Indonesia 2021 akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2021.
Hasil penjurian Festifal Film Indonesia 2021 akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2021. /Instagram @festivalfilmid

INDOBALINEWS – Para sineas Indonesia tetap produktif berkarya pada saat situasi pandemi Covid-19 dan terbukti melahirkan film-film bagus yang diikutkan Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Setidaknya terdapat 69 film panjang, belum termasuk ratusan film pendek dan dokumenter, yang telah didaftarkan mengikuti FFI 2021 yang hasilnya akan diumumkan 10 November mendatang.

Direktur Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) Hilmar Farid mengatakan FFI merupakan ajang paling penting untuk perkembangan film Indonesia.

Baca Juga: 2 ABK Korban KM Liberty 1 Ditemukan Lagi, Seorang Meninggal Dunia

"Itu baru dari cerita panjang belum yang noncerita panjang, jumlahnya banyak sekali, berarti bisa dibilang tiada hari tanpa produksi selama ini. Ini bukti resiliensi yang luar biasa dan yang lebih hebat lagi bahwa teman-teman ini memutuskan untuk menyertakan filmnya di dalam FFI ini," kata Hilmar, Rabu 27 Oktober 2021.

Ia menilai para pelaku industri film di Indonesia sudah mengakui akan pentingnya perhelatan FFI.

Hal ini tentunya dapat terwujud berkat kerja keras dari Komite FFI yang terus meningkatkan pamornya.

Baca Juga: Terdampak Pandemi Covid-19, BIZAM Diprediksi Merugi Rp66 Miliar Lebih

"Jadi bentuk pengakuan saya kira dari teman-teman perfilman tentang signifikansi dari FFI dan ini saya kira tidak mungkin dicapai kalau tidak ada usaha keras dari Komite FFI selama ini, meningkatkan pamor dari perhelatan ini dan komunikasinya juga dilakukan dengan sangat efektif," kata Hilmar.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x