Presiden Joko Widodo Minta Kandungan Lokal dalam Produksi Industri Otomotif Lebih Ditingkatan

- 15 April 2021, 14:12 WIB
Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Tahun 2021 digelar secara kombinasi luring terbatas dan daring dari Istana Negara, Jakarta, Kamis, 15 April 2021.
Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Tahun 2021 digelar secara kombinasi luring terbatas dan daring dari Istana Negara, Jakarta, Kamis, 15 April 2021. /Dok. Muchlis Jr- Biro Pers Setpres

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo berharap kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi dan bergerak menggarap pasar-pasar ekspor baru.

"Saya berharap penyelenggaraan pameran otomotif ini dapat meningkatkan reputasi Indonesia di dunia otomotif global," harap Presiden Jokowi saat meresmikan pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Tahun 2021.

Pembukaan ajang pameran otomotif yang kali ini digelar secara kombinasi luring terbatas dan daring tersebut dilakukan dari Istana Negara, Jakarta, Kamis, 15 April 2021.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Meyakini Kebangkitan Sektor Otomotif Gerakkan Industri UMKM Naikkan Ekspor RI

Baca Juga: KKP Kubur Lumba Lumba Penuh Luka Sayatan Terdampar di Pantai Tanjung Natuna

Baca Juga: Aksi Kemanusiaan Puluhan Driver Maxim Bali bagi Korban Bencana Alam NTT

Menurutnya, industri otomotif harus segera diakselerasi karena di sektor ini banyak pelaku usaha dalam negeri dari mulai hulu hingga hilir yang keterlibatannya dapat ditingkatkan.

Peresmian pembukaan IIMS Hybrid Tahun 2021 ini juga diikuti secara virtual dari JIExpo Convention Centre and Theater, Jakarta, di mana penyelenggaraan luring secara terbatas dilakukan. Penyelenggaraan ajang pameran ini dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan berbasis CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability.

Kepala Negara kembali menegaskan, untuk industrinya,agar kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi dan bergerak menggarap pasar-pasar ekspor baru.

Baca Juga: PBB Targetkan Menjadi Partai Besar Ingin Berkontribusi untuk Masyarakat

Baca Juga: Tertinggi di Indonesia Jabar Paling Produktif Jalankan PPKM Mikro

Pada bagian lain, dia mengingatkan agar seluruh pihak tetap menjaga kewaspadaan terhadap penyebaran pandemi Covid-19 yang saat ini relatif dapat dikendalikan.

"Dengan demikian, sisi kesehatan dan penanganan pandemi dapat terus dijaga sehingga pemulihan ekonomi dapat terus dilakukan dan bergerak maju," tuturnya dalam keterangan tertulis diterima IndoBaliNews.

Pada bagian lain, Jokowi juga mengungkapkan, kebijakan relaksasi pajak juga telah diterbitkan pemerintah untuk mendongkrak penjualan dan daya beli produk otomotif untuk mendorong makin banyak permintaan di situ yang bisa menggerakkan industri otomotif Tanah Air.

Baca Juga: Polri Pastikan Perlancar Masyarakat yang Mudik Lebaran Sebelum 6 Mei 2021

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Bali Kembali Bertambah 121 Orang, Tiga Orang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: R. Aulia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x