Ini Prediksi dan Rekomendasi Bank Indonesia Terkait Perekonomian Bali Pasca Vaksinasi Covid-19

- 27 April 2021, 05:23 WIB
Acara Obrolan Santai Bersama Media (Osbim) Senin 26 April 2021 di Big Garden Corner, Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Bali.
Acara Obrolan Santai Bersama Media (Osbim) Senin 26 April 2021 di Big Garden Corner, Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Bali. /Shira Ade Indobalinews

 

INDOBALINEWS- Perekonomian Bali pada tahun 2021 diperkirakan tumbuh positif seiring dengan dimulainya distribusi vaksin covid-19 yang berdampak pada perbaikan level of confidence pelaku usaha dan perbaikan mobilitas domestik.

Di samping itu rencana peningkatan investasi swasta dan pemerintah juga turut mendorong pertumbuhan di tahun 2021.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho saat menggelar Obrolan Santai Bersama Media (Osbim) Senin 26 April 2021 di Big Garden Corner, Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar.

Baca Juga: Galungan Kuningan dan Bulan Puasa 2021, Peredaran Uang Tunai Meningkat 48% di Bali

"Pada Triwulan 1, ekonomi Bali diperkirakan tumbuh dalam kisaran -6,1% s.d -5,1%. Pertumbuhan positif diperkirakan akan dimulai pada triwulan II 2021 sehingga secara keseluruhan tahun 2021 perekonomian diperkirakan tumbuh positif dalam kisaran 2,5% s.d 3,5%," ujar Trisno Nugroho.

Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) minggu ketiga April 2021, perubahan harga di Bali sebesar 0,25%. Dengan demikian perkiraan inflasi April 2021 sebesar 0,13% s.d. 0,33%.

Baca Juga: Pasca Gugurnya Brigjen Gusti Putu Danny di Papua, Presiden Jokowi Perintahkan TNI Polri Kejar KKB

Perubahan harga lebih didominasi oleh meningkatnya harga daging ayam ras dan canang sari, karena meningkatnya permintaan pada hari raya keagamaan. Harga cabai rawit yang meningkat di awal tahun, sudah mencapai puncaknya dan mulai mengalami penurunan harga secara perlahan-lahan.

Lebih lanjut dikatakan Trisno, terkendalinya inflasi ditopang oleh pasokan barang khususnya bumbu dapur dan beras yang lancar dan mencukupi untuk Provinsi Bali. Inflasi tahun 2021 diperkirakan meningkat dibandingkan tahun 2020, namun masih dalam rentang 3%±1%.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x