Ini Cara Ampuh Menangkal Virus Corona

- 19 Februari 2021, 11:20 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. /Indobalinews/Humas BNPB

INDOBALINEWS - Pandemi Covid-19 terus berlanjut. Berbagai negara dunia pun berlomba-lomba berupaya menemukan obat atau sekadar cara ampuh menangkal virus corona ini.

Baru-baru ini, beberapa peneliti Israel menemukan obat virus corona. Sementara Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada tanggal 13 Februari 2021, menemukan cara ampuh menangkal virus corona.

CDC merekomendasikan memakai masker ganda, yaitu masker medis berlapis masker kain.

Baca Juga: Satu Tahun Kepergian Ashraf Sinclair, Begini Postingan Haru BCL

Rekokemendasi penggunaan masker ganda ini sebagaimana disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Kamis 18 Februari 2021, sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Satgas.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya dan orang lain, dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," ucapnya.

Baca Juga: 100 Perkara Sengketa Hasil Pilkada Kandas di MK, Hanya 32 yang Lolos

Namun demikian, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

"Seperti menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker," ujar Wiku Adisasmito.

"Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya," imbuhnya.

Baca Juga: Sidang Praperadilan Mantan Bupati Manggarai Barat, Saksi Hingga Kuasa Hukum Jadi Tersangka

Selanjutnya, demikian Wiku Adisasmito, hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus.

Baik masker kain atau masker medis, dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. Berbagai cari itu, seperti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah.

Baca Juga: SBY Setuju Rencana Kongres Luar Biasa Partai Demokrat, AHY: Itu Hoaks dan Fitnah!

Cara lainnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah, sehingga masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Perlu juga diperhatikan kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus.

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," tandas Wiku Adisasmito.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x