Buah Timun, Bisa Menangkal Kanker Hingga Mencegah Gula Darah

- 13 Maret 2021, 11:56 WIB
Buah timun memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Buah timun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. /Unsplash

INDOBALINEWS - Buah timun atau mentimun tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah yang satu ini relatif mudah didapatkan serta harganya tergolong murah.

Timun memiliki kandungan air yang melimpah, sehingga sangat cocok jika dikonsumsi siang hari saat udara panas. Selain memberikan rasa segar ketika memakannya, ternyata buah timun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Di samping itu, buah timun ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah timun bisa menangkal kanker hingga mencegah gula darah.

Baca Juga: Kisruh Internal Partai Demokrat, Giliran AHY Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Baca Juga: Survei IndEX Research: Elektabilitas PDIP Menurun, Partai Demokrat Melejit

Berikut ini manfaat buah timun menurut dr GM Silvia M MSc, sebagaimana dikutip Indobalinews dari akun YouTube Dokter24 pada 13 Maret 2021.

1. Menghilangkan racun di dalam tubuh secara efektif

Kandungan air buah timun yang hampir 95 persen, akan memiliki efek menghilangkan racun di dalam tubuh melalui urine atau keringat yang dikeluarkan melalui aktivitas sehari-hari.

2. Penangkal kanker

Timun juga bisa menangkal kanker. Hal ini dikarenakan timun mengandung lignin seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisilariciresinol yang memiliki fungsi mencegah berbagai macam kanker seperti kanker payudara, ovarium, rahim atau prostat.

Baca Juga: 6 Kasus di Indonesia, Virus B117 Bisa Dideteksi Dengan Tes Antigen dan PCR

Baca Juga: Fakta Pembunuh Berantai di Bogor : Positif Narkoba Hingga Cari Mangsa Dari Facebook

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada timun berperan untuk menjaga kindisi tubuh, agar tidak mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit karena perubahan cuaca dan lain-lain.

4. Mencegah sembelit yang sangat ampuh

Kandungan air yang melimpah serta serat di dalam buah mentimun akan membantu menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang dialami.

Baca Juga: Perpanjang Kontrak, Stefano Lilipaly Siap Persembahkan Piala Bagi Bali United

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium, magnesium, serta serat di dalam timun sangat efektif mengatasi tekanan darah tinggi maupun darah rendah, tetapi harus tetap harus mengonsumsi obat (jika disarankan).

6. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Buah timun mengandung senyawa yang bernama terol, yang ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

7. Sebagai obat alami penderita diabetes

Sebuah senyawa yang terkandung pada timun dapat mempengaruhi sebuah hormon yang memproduksi insulin pada organ pankreas, sehingga dapat mencegah lonjakan gula darah.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x